Landasan Pesawat di Ternate Diselimuti Abu Vulkanik

Suasana Bandara Sultan Babullah Ternate usai erupsi Gunung Gamalama, Rabu (3/8/2016). Landasan pacu pesawat saat ini diselimuti abu vulkanik, sehingga aktivitas penerbangan ditiadakan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Irfan Gusti

VIVA.co.id - Otoritas Bandar Udara Babullah, Ternate, Maluku Utara resmi menutup aktivitas mereka terhitung Rabu 3 Agustus hingga Kamis 4 Agustus 2016. Langkah ini untuk mengantisipasi bahaya usai Gunung Gamalama erupsi.

"Bandara di close pada jam 08.00 hingga besok pagi, Kamis 4 Agustus jam 10.00 WIT. Untuk itu, hari ini tidak ada aktivitas penerbangan, kalau pun ada pesawat yang sudah masuk tidak di izinkan untuk keluar," kata Kepala Bandara Sultan Babullah Ternate, Anung Bayumurti, Rabu, 3 Agustus 2016.

Menurut Anung, saat ini akibat letusan Gunung Gamalama, landasan udara mereka telah tertutup oleh abu vulkanik. Sehingga berisiko kalau ada aktivitas penerbangan. "Posisi Run Way  terdapat  abu vulkanik yang harus kita bersihkan karena berbahaya," katanya menjelaskan.

Saat ini, akibat penutupan ada tiga penerbangan dari Ternate yang terpaksa ditunda, yakni maskapai  Garuda tujuan Jakarta, dan Sriwijaya tujuan Makasar  dan Jakarta.

Alhasil penutupan ini membuat ratusan penumpang di Bandara Sultan Babullah akhirnya terpaksa menunggu. Termasuk rombongan anggota DPR dari Komisi IV yang hendak menuju Jakarta.

“Dengan kondisi ini kalau pun besok bisa dibuka, kita akan mengatur ulang pola keberangkatan penumpang" kata Anung.

Berasa Idol, Rezky Aditya Terekam Kamera Dispatch Saat Jalan di Bandara Incheon

Irfan Gusti/Maluku Utara

Isuzu V-Cross

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi

Isuzu Motor India telah membagikan video teaser pertama V-Cross 2024 jelang peluncurannya dalam beberapa minggu mendatang dan siap bersaing dengan Toyota Hilux.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024