Jokowi: Kita Harus Prioritaskan Rakyat Marginal

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Biro Pers Kepresidenan

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo secara resmi membuka The 3rd Congress Association of Asia Constitutional Courts and Equivalent Institutions di Nusa Dua, Bali. Dalam sambutannya, Presiden mengisahkan reformasi kontitusi di Indonesia dimulai pada 1999 silam. Kala itu, negara berkomitmen menempatkan hak warga agar dijamin kontitusi. 

Jawaban Kocak Jokowi Usai Lengser

Menurut Jokowi, reformasi konstitusi di Indonesia telah menunjukkan kemajuan yang pesat ketika hak-hak konstitusi rakyat menjadi prioritas utama.

"Saya berharap, konsistensi undang-undang harus semakin baik. Indonesia bukan negara undang-undang, tetapi negara hukum. Yang ditunggu oleh rakyat adalah makmur dan sejahtera, rasa adil dan aman. Kita harus prioritaskan rakyat yang marginal. Negara harus hadir ketika warganya tidak merasa aman dan tidak adil," kata Jokowi di hadapan para peserta kongres, Kamis, 11 Agustus 2016.

Luhut Ingatkan Prabowo Jangan Bawa Orang Toxic ke Pemerintahan, Jokowi: Udah Bener

Presiden melanjutkan, meski Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, namun segala keputusan hukum tidak disandarkan pada agama. Seluruh keputusan diambil berdasarkan konstitusi negara.

Pada kesempatan ini, Presiden juga mengapresiasi Mahkamah Konstitusi yang telah bekerja maksimal dan konsisten. Untuk itu, Jokowi meminta masyarakat agar ikut serta menguatkan pemenuhan hak konstitusional warga. 

Jokowi Bilang Begini soal Rencana Prabowo Tambah Kementerian

"Kalau ada yang tidak mau, atau merasa dirugikan oleh undang-undang, silakan saja gugat ke Mahkamah Konstitusi. Memang ada yang diterima, tetapi ada yang ditolak. Banyak yang dikabulkan, tetapi ada yang tidak dikabulkan."

(mus) 

Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House (ITDH) di Depok

Cerita Jokowi Bertemu Bos Apple-Microsoft: Memprihatinkan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Indonesia Digital Test House (IDTH) atau Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi di Depok, Jawa Barat pada Selasa, 7 Mei 2

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024