Isu Jadi Warga Amerika, Menteri Archandra: Muka Saya Padang

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arcandra Tahar.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Archandra Tahar disebut-sebut memiliki dua kewarganegaraan, dalam sebuah pesan yang beredar melalui aplikasi pesan instan. Dalam pesan itu, Archandra dikatakan resmi menjadi warga negara Amerika Serikat setelah mengambil sumpah setia pada Maret 2012.

Formula Harga Avtur, Wamen ESDM Tegaskan Margin Maksimal 10 Persen

Hal ini membuatnya memiliki dua paspor, yaitu Indonesia dan Amerika Serikat. Sebab. dalam pesan itu, disebutkan bahwa dia sebelum mendapatkan paspor AS, telah mengurus paspor Indonesia di Konsulat Jenderal RI di Kota Houston.

Namun, di Istana Negara Sabtu, 13 Agustus 2016, Archandra enggan mengomentari isu ini. Dia pun meminta wartawan yang mencoba mengklarifikasi pesan tersebut untuk melihat wajahnya.

Bagikan Ratusan Konverter Kit, Wamen ESDM: Nelayan Bisa Lebih Hemat

"Lihat muka saya apa? Muka orang Padang begini kok," ujarnya.

Selepas itu, langsung bergegas memasuki mobil dinas untuk melanjutkan aktivitasnya. "Saya mau ada meeting," katanya sambil terburu-buru.

ESDM Resmi Buka Lelang Blok Migas Tahap III 2018

Selepas lulus teknik mesin Institut Teknologi Bandung, Archandra memang melanjutkan studi ke Amerika Serikat, dan mendapatkan gelar S2 dan S3 di Universitas A&M untuk Teknik Kelautan. 

Kemudian, pria kelahiran Padang, Sumatera Barat, 10 Oktober 1970 ini, tercatat menjabat sebagai presiden perusahaan bidang energi dan minyak, Petroneering Houston, di Amerika Serikat sejak 2013.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya