Mobil Presiden Soekarno Dipamerkan di Museum Joang 45

Mobil dinas Presiden Soekarno, mobil REP 1.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ade Alfath.

VIVA.co.id - Unit Pengelola Museum Joang 45 menggelar acara Napak Tilas Proklamasi tahun 2016. Salah satu atraksi sejarah menarik pada acara ini yaitu dikeluarkannya mobil dinas Presiden Soekarno, yaitu mobil REP 1.

Patung Bung Karno Tertinggi di Dunia Berdiri di Semarang

"Mobil ini menjadi salah satu koleksi unggulan Museum Joang 45 dan hanya kami keluarkan setahun sekali untuk parade napak tilas," ujar Kepala UP Museum, Sri Kusumawati, di Gedung Museum Joang 45, Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2016.

Menurut Sri, kegiatan napak tilas ini dilakukan untuk merefleksikan kembali nilai kejuangan yang ada di balik peristiwa menjelang pembacaan naskah proklamasi oleh Soekarno-Hatta pada 17 Agustus 1945. Sasarannya terutama generasi muda penerus bangsa.

Rumah Tempat Lahir Bung Karno Jadi Wisata Edukasi, DPRD Mendukung

"Kegiatan ini diharapkan menambah pengetahuan tentang sejarah perjuangan bangsa dan menumbuhkan sikap cinta tanah air," kata dia.

Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh berbagai acara seperti lomba yel-yel perjuangan dan parade napak tilas, yang merupakan bagian dari peringatan hari kemerdekaan RI ke-71.

Ahli Waris Serahkan Rumah Kelahiran Bung Karno ke Pemkot Surabaya
Pidato Presiden Soekarno dengan kata-kata 'Ganyang Malaysia'

Jelang Laga Panas, Kenali Awal Mula Istilah 'Ganyang Malaysia'

Rivalitas tinggi senantiasa tersaji dalam duel Timnas Indonesia melawan Malaysia. Tak jarang, isu politik membuat pertemuan kedua tim selalu panas.

img_title
VIVA.co.id
19 Desember 2021