HUT RI, Basarnas Awasi Upacara di Puncak Gunung

Sejumlah pendaki menikmati pemandangan dari puncak Gunung Semeru, Malang, Jawa Timur.
Sumber :
  • ANTARA/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Badan SAR Nasional (Basarnas) Jawa Tengah melakukan kegiatan pengawasan terhadap upacara hari Kemerdekaan RI ke-71 oleh para pendaki di puncak gunung. Ada empat gunung di Jawa Tengah yang jadi fokus pengawasan, yakni Gunung Slamet, Gunung Lawu, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Keren! Brand Indonesia Terpajang di Times Square New York

Di empat gunung tersebut, Basarnas secara khusus mendirikan posko bernama Merah Putih. Terdiri atas personel Basarnas Kantor SAR Semarang, Pos SAR Jepara, Cilacap dan Surakarta.

"Kegiatan posko ini dimaksudkan guna mengantisipasi keadaan darurat yang mungkin saja terjadi terhadap para pendaki yang sedang melakukan aktivitas di gunung, " kata Kepala Basarnas Jawa Tengah Agus Haryono, Rabu, 17 Agustus 2016.

Terapkan Prokes, HUT Kemerdekaan RI di Washington Berlangsung Khidmat

Agus menjelaskan, tim posko siaga Merah Putih telah diberangkatkan sejak Selasa, 16 Agustus 2016. Dengan jumlah personel yang diterjunkan sebanyak 10 orang yang disebar di beberapa titik gunung. Mereka juga dibekali peralatan medis dan gunung hutan.

Jajaran Basarnas Jawa Tengah mengimbau, agar para pendaki yang melakukan kegiatan di puncak gunung bisa memperhatikan sejumlah persiapan. Seperti persiapan segi fisik, mental, logistik dan pengetahuan soal gunung yang dituju.

17 Agustus, Setop Kegiatan dan Ambil Sikap Sempurna Pukul 10.17 WIB

"Persiapan fisik ini mutlak diperlukan. Misalnya, baju-baju tebal, minuman dan peralatan masak juga disiapkan, " tuturnya.

Pendaki, kata Agus, juga harus mengetahui navigasi darat atau jalur trek yang akan dilalui. Alat komunikasi ataupun kompas, GPS atau nomor handphone harus juga dibawa.

“Yang terpenting juga izin dari pengelola gunung setempat, agar nanti kalau ada apa-apa bisa cepat mendapatkan penanganan langsung,” ujar Haryono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya