Gempa Bumi Gegerkan Zona Megathrust Pulau Pagai

Ilustrasi Gempa Bumi.
Sumber :
  • Google

VIVA.co.id – Sebuah berkekuatan 5,6 skala richter sempat membuat geger Pulau Pagai Sumatera Barat, Rabu malam, 24 Agustus 2016.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

dangkal di dalam laut dengan kedalaman 25 kilometer ini terpusat pada jarak enam kilometer di arah Barat Kecamatan Malakopa Pagai Selatan ini, menurut catatan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika mengguncang kawasan zona megathrust.

"Zona megathrust merupakan zona penyusupan Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di kedalaman dangkal dan landai di bawah Pulau Pagai. Jika megathrust terjadi dengan kekuatan besar maka dapat berpotensi tsunami," kata Kepala Bidang Mitigasi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 25 Agustus 2016.

Taiwan Kena Gempa, Audi Marissa Khawatirkan Keluarga Anthony Xie

"Kita patut bersyukur bahwa ini meskipun terjadi di zona megathrust, namun tidak cukup kuat menciptakan deformasi dasar laut untuk memicu terjadinya tsunami."

Catatan BMKG, di zona megathrust Pulau Pagai, cukup membuat panik warga setempat. Gempa ini dirasakan di Malakopa, Muntai, Siberut, Siberimanua, Sikakap, Mukomuko, Solok, Painan, dan Padang pada skala intensitas II SIG BMKG (II-III MMI).

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Banyak warga terkejut dan sempat berlarian keluar rumah akibat guncangan yang terjadi secara tiba-tiba ini, namun demikian hingga saat ini belum ada laporan kerusakan.

Di Pulau Pagai, pada tahun 2010, pernah terjadi besar dengan kekuatan 7,2 dan memicu tsunami setinggi lima hingga tujuh meter. Tahun itu, dampak tsunami menyebutkan ada 450 warga Pulau Pagai meninggal dan hilang, serta merusak permukiman warga.

Sejauh ini, BMKG mengimbau agar seluruh warga yang berada di pesisir khususnya di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat dan Bengkulu agar tetap tenang dan tidak terpancing isu tsunami.

G serupa juga terjadi di wilayah Barat Daya Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu dengan kedalaman 21 kilometer. ini tercatat memiliki kekuatan hingga 5,8 SR di laut dengan jarak 155 kilometer.

Di bagian lain, di zona megathrust Pulau Pagai ini juga berbarengan dengan gempa yang mengguncang daratan Italia dengan kekuatan 6,4 skala richter dan menewaskan setidaknya 73 orang.

Tak cuma itu, Pulau Pagai juga bersamaan dengan gempa yang menghantam Myanmar dengan kekuatan 6,8 SR yang menghancurkan sejumlah pagoda dan menewaskan sedikitnya tiga orang. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya