September, Tiket Kereta Ekonomi Lokal Bisa Dipesan

Petugas melakukan uji coba (test run) perjalanan KA ekonomi terbaru New Concept menuju Solo dari Stasiun KA Madiun, Jawa Timur, Jumat (26/8/2016).
Sumber :
  • ANTARA/Siswowidodo

VIVA.co.id – Mulai 1 September 2016, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta, memberlakukan sistem pemesanan tiket kereta ekonomi lokal, tujuan Cikampek dan Purwakarta. Tiket kereta yang semula hanya dapat dibeli pada hari keberangkatan ini, nanti bisa dipesan tujuh hari sebelumnya.

Tiket KA untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2024 Sudah Bisa Dibeli, Catat Tanggalnya

Namun, pembelian dan pemesanan itu hanya akan dilayani pada stasiun kereta tersebut melintas. Stasiun itu adalah Jakarta Kota, Kemayoran, Tambun, Cikarang, Lemahabang, Kedunggede, Karawang, Klari, Kosambi, Dawuan, Cikampek, Cibungur, dan Purwakarta.

Kebijakan ini diambil untuk memudahkan pengguna jasa, khususnya para pekerja, yang sering menggunakan kereta ini.

KAI Obral Harga Tiket Kereta Api Mulai Rp 150.000, Catat Rute Tujuannya

“Ini merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat, terutama pengguna jasa KA. Hal ini juga sebagai jawaban saran dan masukan dari masyarakat pengguna jasa yang meminta peningkatan pelayanan dalam pembelian tiket KA Lokal yang valid, dengan sistem ini tiket bisa dibeli PP, dibatalkan dan reschedule," kata Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Bambang S. Prayitno dalam keterangan yang diterima VIVA.co.id, Selasa, 30 Agustus 2016.

Bukan hanya itu, kata Bambang, sistem pemesanan tiket H-7 ini akan memberikan kemudahan bagi PT KAI untuk mengevaluasi pertumbuhan volume penumpang ke depan, untuk peningkatan layanan.

Lebih Nyaman, Segini Tarif Kereta Ekonomi New Generation dan Rutenya

Selain itu, data penumpang akan lebih terjamin, dalam keperluan verifikasi klaim asuransi, karena dipastikan sudah terdata dalam manifes penumpang.

"Diharapkan penerapan sistem pemesanan untuk tiket KA  ini membuat masyarakat dapat merencanakan perjalanannya tujuh hari ke depan," kata dia menambahkan.

Stasiun Gambir

KAI Tebar Diskon 20 Persen Tiket Kereta Api Jarak Jauh, Begini Cara Dapatnya

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI menebar potongan harga alias diskon pembelian tiket KA jarak jauh komersial sebesar 20 persen.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024