Terharu, Menteri Khofifah Menangis di Kampus Unair

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat bersama mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya Jawa Timur, Rabu (31/8/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Bola mata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa berkaca-kaca saat menyanyikan lagu hymne Universitas Airlangga (Unair) bersama ribuan mahasiswa baru di Auditorium Kampus C Unair Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 31 Agustus 2016. Ia seperti teringat masa-masa kuliah di kampus Unair.

Airlangga Tugaskan RK Maju Pilkada Jakarta, Bobby di Sumut dan Khofifah Jatim

Khofifah memang jebolan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unair Surabaya dan lulus pada tahun 1990. Semasa di kampus, dia aktif di organisasi intra dan ekstra kampus. Di ekstra, Khofifah aktif sebagai Ketua Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Surabaya.

"Kampus ini adalah tempat penyemaian dan pembenihan generasi berkualitas untuk dipersembahkan kepada bangsa dan negara Indonesia," kata Khofifah di hadapan ribuan mahasiswa baru Unair Surabaya.

Gerindra Tak Masalah PDIP Gabung Usung Khofifah di Pilgub Jatim, Ada Tapinya

Dia lantas menceritakan bagaimana alur hidupnya berjalan setelah lulus dari Unair hingga kemudian duduk di jajaran pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat dan dua kali menjadi menteri. "Setelah lulus, saya dipanggil Gus Dur, waktu itu PKB (Partai Kebangkitan Banga) baru berdiri," cerita dia.

Kepada kadernya di PKB, lanjut Khofifah, Gus Dur meminta agar pimpinan dewan dari PKB yang diajukan adalah dirinya. "Jadilah saya masuk di jajaran pimpinan DPR dari unsur perempuan termuda pada tahun 1999. Usia saya waktu itu masih 29," katanya memberi motivasi mahasiswa baru.

Tepis Isu Cak Imin Maju di Pilgub Jatim, Elite PKB Sebut Ada Tempat yang Lebih Mulia

Dari situ karir Khofifah terus mengalir moncer. Ketika Gus Dur jadi Presiden keempat pada tahun 1999, Khofifah diangkat menjadi Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan. Dan kini dia kembali duduk sebagai Menteri Sosial di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.

"Saya sebagai lulusan Fisip Unair, alhamdulillah bisa membaktikan apa yang kita punya dan apa yang kita dapat ketika jadi mahasiswa dulu. Sekarang bersama-sama ingin membangun spirit dan motivasi untuk diberikan yang terbaik kepada bangsa," ucap Khofifah.

Usai berceramah, Ketua Umum PP Muslimat NU itu lalu turun berbaur dengan mahasiswa baru. Dia meminta delapan mahasiswa yang tengah berulang tahun untuk berdiri bareng. Bersama semua mahasiswa dan pimpinan Unair yang hadir, Khofifah lantas menyanyikan Hymne Unair. Saat itulah matanya berkaca-kaca haru.

"Saya tidak menyangka bertemu alumni Unair yang sekarang jadi menteri, Ibu Khofifah," kata Tsania Isnaini (17 tahun), mahasiswa baru Fakultas Ekonomi Bisnis Unair, yang diajak Khofifah bernyanyi Hymne Unair bersama karena berulang tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya