Sembilan Kabupaten di Kalbar Siaga Darurat Kebakaran Hutan

Ilustrasi kebakaran hutan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rony Muharrman

VIVA.co.id – Sembilan dari 14 kabupaten/kota di Kalimantan Barat (Kalbar) telah menetapkan siaga darurat kebakaran hutan dan lahan. Hal itu dilansir Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) lewat akun Twitter @BNPB_Indonesia, Jumat, 2 September 2016.

Polri Sebut Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan Turun

Sejumlah sembilan kabupaten/kota tersebut yaitu Kabupaten Kubu Raya, Mempawah, Landak, Bengkayang, Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi dan Kapus Hulu.

Tak hanya itu. Untuk mengantisipasi kebakaran hutan, BNPB mengerahkan dua helikopter water bombing dan satu pesawat hujan.

Cara Kapolri Jenderal Sigit Minimalisir Kebakaran Hutan dan Lahan

Berdasarkan pantauan Sensor Modis oleh Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Supadio Pontianak, sejak Rabu, 31 Agustus 2016 pukul 07.00 WIB hingga Kamis, 1 September 2016 pukul 05.00 WIB, terdapat 19 titik api (hot spot) di Kalimantan Barat.

Seperti diketahui, kebakaran hutan melanda sejumlah provinsi di Tanah Air. Sebanyak enam provinsi di Indonesia menetapkan status siaga darurat asap untuk antisipasi kebakaran hutan dan lahan. Keenam daerah itu yakni, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Titik Api Meningkat, Kalimantan Barat Mulai Diselimuti Kabut Asap

Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho menuturkan, pengajuan status siaga darurat itu diapresiasi. Sebab, tahun sebelumnya daerah sangat sungkan untuk menetapkan status siaga darurat asap. Hal itu menghambat dalam proses percepatan penanganan.

"Tahun ini sudah 6 provinsi tetapkan siaga darurat. Tahun lalu sangat sulit gubernur untuk keluarkan status siaga darurat," ujarnya, Senin, 29 Agustus 2016.

Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Dedi Prasetyo

Cara Irjen Dedi Agar Anak Buahnya Cepat Cegah Karhutla di Kalteng

Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo melaksanakan apel gelar sarana prasarana (sarpras) penanggulangan karhutla.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2021