Tak Perlu Ada Kekhawatiran Jenderal Polisi Pimpin BIN

Wakil Kepala Polri, Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan. Budi tengah diusulkan menjadi kepala BIN menggantikan Sutiyoso.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Mantan Wakil Kepala Badan Intelijen Negara As'ad Said Ali menilai penunjukan Budi Gunawan sebagai calon Kepala BIN sebagai hak prerogatif Presiden Jokowi. Ia mendukung sepenuhnya kebijakan presiden.

Kepala BIN: Konsep Smart City IKN Perpaduan Modern dan Tradisi

"Sebagai orang lama di BIN, saya mendukung beliau kalau dimintai bantuan," kata As'ad saat dihubungi, Sabtu September 2016.

As'ad menambahkan tidak perlu ada khawatirkan bila Budi Gunawan yang berlatar belakang anggota Polri menjadi Kepala BIN. Sebelumnya, jenderal Sutanto yang juga mantan Kapolri pernah menjadi Kepala BIN.

Bareng Jenderal BG, Jokowi Pantau Vaksinasi Door to Door di Klaten

"Budi Gunawan bisa jadi orang kedua dari Polri yang menjadi Kepala BIN," katanya.

Hal tersebut membuktikan anggota Polri mampu memimpin BIN.

Jokowi Puji Program Budi Gunawan

Sementara itu, Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis, melihat pemilihan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN oleh Presiden Joko Widodo sudah tepat dan sesuai perundang-undangan.

"BG dijadikan Kepala BIN, menurut saya tidak ada yang salah. BG memang pantas," kata Margarito.

Selain itu menurut, Margarito kekhawatiran orang akan kemampuan BG tidak beralasan.

"Saya yakin sebagai jenderal bintang tiga, beliau memiliki kemampuan di bidang intelijen. Jadi bukan hal yang asing, jadi tidak cukup alasan jika disebut polisi tidak memiliki kemampuan," ujarnya.

Selain itu, ia menyakini di bawah kepemimpinan BG, BIN akan lebih baik dalam menyelesaikan persoalan sekarang ini.

"Beliau banyak jaringan, tidak mungkin BG tidak bisa menyelesaikan persoalan di dalam maupun di luar negeri," ungkapnya.

Sebelumnya, Mensesneg Pratikno menyerahkan surat pergantian Kepala BIN pada Ketua DPR. Nama yang diusulkan untuk posisi tersebut adalah Budi Gunawan. Pratikno hanya menyebutkan alasan pergantian BIN sebagai regenerasi di tubuh lembaga tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya