Indonesia Kirim 100 Sapi Kurban ke Palestina

Ilustrasi/Anak-anak memberi makan sapi kurban yang baru tiba.
Sumber :
  • Antara/Ujang Zaelani

VIVA.co.id – Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Provinsi Jawa Barat mendonasikan bantuan untuk lebaran haji bagi rakyat Palestina yang saat ini masih mengungsi akibat konflik Israel dalam bentuk uang senilai Rp1,5 miliar. Donasi itu, bersumber dari akumulasi bantuan sukarela masyarakat di 26 Kabupaten dan Kota se-Jawa Barat.

Komentari Kisruh dengan Ketua RT, Saipul Jamil Sebut Dewi Perssik Korban

Menurut Ketua KNRP Jabar, Arifin Sobari, bantuan kurban sebagai bentuk komitmen masyarakat Jawa Barat mendukung Palestina untuk merdeka dari penjajahan Israel. "Alhamdulillah, kami dapat kumpulkan donasi yang sangat luar biasa ini dari masyarakat Jawa Barat hanya dalam kurun waktu satu bulan," kata Arifin di Bandung, Jawa Barat, Sabtu 3 September 2016.

Arifin mengatakan, bantuan pada lebaran haji ini mengalami peningkatan 50 persen dari tahun sebelumnya, yakni Rp1 miliar.

Perseteruan Selesai, Dewi Perssik Bakal Temui Pak RT untuk Bersilaturahmi

Sementara itu, Ketua Umum KNRP Soeripto menambahkan, total bantuan yang disalurkan kepada para pengungsi Palestina dari masyarakat Indonesia secara keseluruhan mencapai Rp4,5 miliar. "Uang itu kami salurkan kepada rekanan di sana untuk dibelikan 100 ekor sapi yang dikurbankan, dan disembelih di berbagai tempat, disalurkan langsung. Kami juga kirim relawan ke sana," tambahnya. 

Soeripto mengatakan, ada sekira delapan juta rakyat Palestina yang mengungsi di empat negara, di antaranya Suriah, Turki, Lebanon dan Yordania. Lanjut dia, belum ditambah pengungsi yang masih ada di dalam Palestina. "Masih banyak juga pengungsi yang masih ada di Jalur Gaza. Delapan juta orang itu yang ada di luar Palestina. Jumlah totalnya ada sekira 12 juta rakyat Palestina yang masih mengungsi," ungkapnya.

Abis Heboh Seteru Sampai Nangis-nangis, Dewi Perssik Kini Ngaku Bangga Sama Pak RT

Soeripto menjelaskan, distribusi bantuan kurban tersebut sudah kali keempat bagi pengungsi Palestina dari masyarakat Indonesia. Dari donasi itu, dia menegaskan, murni dari masyarakat Indonesia yang bersimpati dan peduli terhadap keadaan di Negeri Para Nabi tersebut. 

"Ke depannya, dengan adanya ini, memotivasi masyarakat Indonesia untuk bergerak peduli kepada kondisi Bangsa Palestina," ujarnya.

Bertrand Antolin

Bukan Muslim, Ini Alasan Bertrand Antolin Tetap Terlibat dalam Berkurban

Bertrand Antolin terlibat untuk ketiga kalinya sejak tahun 2021, dan tahun ini lebih luas dengan penyaluran hewan kurban mencakup 35 titik lokasi di seluruh Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
5 Juli 2023