Pizza Hut Klaim Outlet Mereka Disidak Dinas Kesehatan

Gerai Pizza Hut di Jakarta, Selasa (6/9/2016).
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Pasca isu tak sedap yang didapatkan Pizza Hut, Pizza Hut Delivery, dan Kitchen by Pizza Hut, pihak manajemen rumah waralaba itu mengklaim puluhan outlet mereka mendapatkan inspeksi mendadak dari dinas kesehatan. Hal ini untuk memverifikasi kebenaran pemberitaan yang menyebutkan rumah makan itu menggunakan bahan kedaluwarsa dalam produk mereka.

"Kami berusaha terbuka kepada masyarakat dan media terkait hal ini, bahkan dinas kesehatan telah melakukan sidak di puluhan outlet kami yang ada di Indonesia," kata Andrias Chandra, General Manager Pizza Hut Delivery, di gudang penyimpanan bahan makanan untuk Pizza Hut di kawasan Narogong, Bekasi, Jawa Barat. Selasa, 6 September 2016.

Andrias menambahkan, sidak pada outlet penjual makanan khas Italia itu dilakukan sejak Minggu, 4 September 2016. Tak kurang dari 30 outlet Pizza Hut, Pizza Hut Delivery, dan Kitchen by Pizza Hut diperiksa dinas kesehatan setempat.

Pizza Hut Adukan Tempo dan BBC Indonesia ke Dewan Pers

"Sudah puluhan, mungkin sudah lebih dari tiga puluh. Itu ada outlet Pizza Hut, Pizza Hut Delivery, dan Kitchen by Pizza Hut," ujar Andrias.

Dari puluhan outlet yang telah mendapatkan inspeksi, dia mengklaim, tak ada satu pun yang terbukti melakukan pelanggaran atau penyimpangan. 

Polisi Tidak Temukan Bahan Kedaluwarsa di Gudang Pizza Hut

Menurut Andrias, pihaknya juga telah melakukan itikad baik dengan berinisiatif mengunjungi Badan Pengawas Obat dan Makanan tanpa perlu dipanggil oleh lembaga itu. Hal itu demi menunjukkan perusahaan waralaba itu tak melakukan pelanggaran, dan bersikap terbuka pada publik.

"Untuk BPOM, tadi pagi kita ambil inisiatif sendiri untuk menemui BPOM, kita ingin klarifikasi (terkait pemberitaan memakai bahan makanan kedaluwarsa), hasilnya apa saya juga belum tahu, nanti bisa tanya langsung BPOM," ujarnya.

Sebelumnya, kabar Pizza Hut Indonesia diduga menggunakan bahan kedaluwarsa dalam produk mereka terungkap dalam hasil investigasi bersama Tempo dan BBC.

Pemegang merek Pizza Hut Indonesia, PT Sarimelati Kencana, menampik kabar itu. Mereka memastikan produk yang dibuat berkualitas dan melewati proses penjaminan kualitas. Untuk itu produk mereka layak dikonsumsi oleh konsumen.

"Kami tegaskan bahwa dugaan yang menyebut Pizza Hut Indonesia memakai bahan-bahan kedaluwarsa adalah tidak akurat dan berdasar pada asumsi," tulis Pizza Hut Indonesia dalam akunnya di Twitter, Minggu, 4 September 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya