Jokowi dan Duterte Akan Blusukan ke Pasar Tanah Abang

Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte.
Sumber :
  • REUTERS/Lean Daval Jr

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo akan menerima kunjungan kenegaraan Presiden Filipina Rodrigo Duterte, di Istana Merdeka Jakarta, Jumat siang, 9 September 2016. Menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, kepastian Duterte ke Indonesia langsung disampaikannya ke Jokowi saat KTT ASEAN di Laos beberapa hari lalu.

Kejaksaan Tetap Tunggu Proses Hukum Mary Jane di Filipina
Dijelaskan Pramono, sekitar pukul 13.00 WIB Presiden Duterte akan mengunjungi Taman Makam Pahlawan di Kalibata, Jakarta. Setelah itu, Durtete akan bersama-sama dengan Presiden Jokowi mengunjungi Pasar Tanah Abang.
 
"Dari Kalibata ke Tanah Abang bersama Presiden Jokowi," kata Pramono Anung, di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 9 September 2016.
 
Dari jadwal, kedua kepala negara itu akan blusukan ke Pasar Tanah Abang pada pukul 14.00 WIB. Indonesia, adalah kunjungan pertama Duterte ke luar negeri terutama negara ASEAN, selain menghadiri KTT di Laos.
 
"Jadi Filipina menganggap bahwa Indonesia negara sahabat yang sangat strategis di kalangan ASEAN makanya walaupun dengan kesibukan yang luar biasa, dan baru saja bertemu di KTT Laos tapi Presiden Duterte tetep meminta untuk bisa berkunjung ke Indonesia," kata Pramono.
 
Pramono mengatakan, tidak semua kepala negara atau menteri, diajak Jokowi untuk blusukan. Sehingga dengan diajaknya Duterte ini, menurut Pramono, Presiden ingin memberi pelajaran kalau penyelesaian masalah tidak bisa hanya dengan konsep tanpa tahu kondisi lapangan.
 
"Beliau (Jokowi) juga ingin memberikan contoh kepada pemimpin dunia bagaimana penyelesaian persoalan-persoalan di lapangan, melihat langsung di lapangan, karena tidak bisa persoalan itu hanya dilihat dari perencanaan, di meja, planning dan sebagainya," ujar Pramono.
 
Usai dari Pasar Tanah Abang, sekitar pukul 16.00 WIB akan dilakukan upacara kenegaraan di Istana Merdeka. Malam hari, akan ada jamuan makan.
 
Pagi ini Duterte berdialog dengan Komunitas Filipina yang ada di Indonesia, di Grand Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta. Diketahui bahwa terdapat 9.721 warga Filipina berada di Indonesia yang sebagian besar bekerja di bidang pendidikan, industri dan perdagangan.
 
 
Kunjungan Presiden Filipina Rodrigo Duterte

Wakil Ketua DPR Percaya Jokowi soal Duterte

Fahri menilai justru akan aneh jika Duterte datang melobi pengampunan.

img_title
VIVA.co.id
13 September 2016