Syafruddin Gantikan Budi Gunawan, Tito Sudah Izin Jokowi

Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Komjen Syafruddin di DPR
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin resmi dilantik menjadi Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri), Sabtu, 10 September 2016. Komjen Pol Syafruddin menggantikan Jenderal Budi Gunawan yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Intelejen Negara (BIN).

DMI Bantah 40 Masjid Jakarta Radikal

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, pelantikan Wakapolri merupakan sesuatu yang sangat penting di kepolisian.

"Pada pagi ini, dalam acara yang relatif sederhana tapi cukup penting yaitu pelantikan orang nomor dua di jajaran Polri," kata Tito di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan.

Polri Mengaku Kesulitan Konfirmasi Kabar Bahrun Naim Tewas

Tito menuturkan, alasan ditunjuknya perwira tinggi polisi angkatan 1985 ini tentunya dengan pertimbangan beberapa alasan. Menurutnya, Komjen Pol Syafruddin memiliki kompetensi dan pengalaman bertugas di beberapa wilayah hukum.

"Pemilihan Bapak Syafruddin sebagai Wakapolri tentunya dinilai dari beberapa aspek, terutama kompetensi dan pengalaman beliau bertugas di berbagai tempat mulai dari operasional, komando, staf hingga pendidikan. Ini tentu memberi arti dan penilaian utama pada penempatan beliau di posisi penting ini," katanya.

Pelepasan Budi Gunawan, Sejumlah Petinggi Polri Hadir

Selain itu, penunjukan Komjen Pol Syafruddin juga merupakan hak preogratif Kapolri dan sudah dikonsultasikan dengan Presiden Jokowi.

"Ini merupakan hak preogatif kapolri dan juga dikonsultasikan kepada Pak Presiden. Tentunya pemimpin negara mendukung langkah-langkah tersebut," ucapnya.

Dia pun mengucapkan selamat atas ditunjuknya Komjen Pol Syafruddin dan berpesan agar dapat menjalankan amanat dengan sebaik-baiknya.

"Kami ucapkan selamat kepada Bapak Wakapolri baru. Semoga dapat menjalankan amanat ini untuk membangun citra polri di mata publik," ujarnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya