Puslabfor Setop Penyelidikan Kapal Boat Meledak karena Hujan

Kapal tim Basarnas tengah beroperasi beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA/Yuli Seperi

VIVA.co.id – Penyelidikan terhadap dugaan penyebab meledaknya Kapal Boat Gili Cat 2 yang mengangkut 33 turis yang tengah berlibur ke Bali terpaksa dihentikan. Penyebabnya hujan deras turun di Karangasem, Bali. 

Identitas 8 Turis Asing yang Terombang-ambing di Laut Mentawai

Kapolres Karangasem, Ajun Komisaris Besar Sugeng Sudarso menjelaskan, Puslabfor belum secara menyeluruh menyelidiki penyebab meledaknya kapal yang baru saja berlayar sekitar 200 meter dari pelabuhan rakyat di Karangasem pada pukul 09.25 WITA tersebut.

"Saat ini penyelidikan oleh Puslabfor dihentikan karena hujan turun. Besok kita lanjutkan lagi," kata Sugeng saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis 15 September 2016.

Tugboat dan Kapal Nelayan Tabrakan di Selat Bangka, Satu Orang Hilang

Selain itu, ia melanjutkan, masih terdapat bahan bakar pada tangki kapal nahas tersebut yang mengganggu jalannya penyelidikan. "Masih ada sekitar 1 ton bahan bakar di tangki kapal. Ini akan disedot dulu, baru penyelidikan dilanjutkan lagi," katanya.

Saat ini, ia melanjutkan, posisi kapal sudah dievakuasi ke dermaga. Sebelumnya, Kapal Boat Gili Cat 2 meledak sesaat setelah berlayar menuju Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

KNKT Pastikan Kapal MV Nur Allya Tenggelam karena Kelebihan Muatan

Sugeng kepada VIVA.co.id menuturkan, Pusat Laboratorium Forensik Polda Bali sudah memeriksa penyebab terjadinya kecelakaan laut tersebut. Dugaan awal, ledakan disebabkan oleh kebocoran pada tangki bahan bakar. Kemungkinan lain, korsleting sistem kelistrikan kapal secara bersamaan. 

Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Ngeri, 5 Korban Tewas Setelah Jembatan Terbelah Dua Gegara Ditabrak Kapal

Sedikitnya lima orang tewas dan seorang awak kapal terluka pada hari Kamis, 24 Februari 2024 ketika sebuah kapal kargo menabrak sebuah jembatan di wilayah Cina selatan.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024