Perempuan di Sidoarjo Makamkan Suami di dalam Rumah

Ziarah di suatu pemakaman umum.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA.co.id – Penduduk Dusun Jedong Pandaian, Desa Jati, Alun-Alun, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo, dihebohkan dengan adanya suatu makam di dalam rumah. Makam itu berada di dalam ruang tamu rumah Ida (42 tahun). Dia menguburkan almarhum suaminya, Budi (43 tahun), yang meninggal dunia pada Senin, 12 September 2016.

10 Upacara Pemakaman Terunik yang Ada di Indonesia

Tak pelak, para warga pun mendatangi rumah itu dan meminta jenazah Budi untuk segera dipindahkan ke tempat pemakaman umum. Salah seorang warga, Abdurrohim, mengaku tidak nyaman dengan keberadaan makam itu. Alasannya, dia khawatir makam di dalam rumah tersebut membuat masyarakat menjadi musrik.

“Makanya, sebaiknya dipindahkan saja ke tempat pemakaman umum atau TPU,” kata Abdurrohim, Kamis 15 September 2016.
   
Sementara itu, Kepala Desa Jati Alun-Alun, Anshori, mengatakan Ida memakamkan jenazah suaminya di dalam rumah karena untuk memenuhi permintaan almarhum.  

Enam Fakta Desa Trunyan, Desa dengan Tradisi Pemakaman Unik

“Makanya, pihak keluarga pun memakamkan jenazah Budi di dalam rumahnya sendiri,”kata Anshori.

Dia mengaku sudah berkomunikasi dengan para warga terkait keberadaan makam itu. Menurutnya, warga di dekat rumah diketahui sama sekali tidak ada yang bermasalah dengan keberadaan dengan makam dalam rumah itu.

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

“Mereka itu tidak ada yang keberatan dengan makam itu. Makanya, akhirnya jenazahnya pun dimakamkan di dalam rumah,”ujar Anshori.

Kapolsek Prambon, AKP Satuji, mengaku berusaha mencari jalan tengah atas masalah tersebut. Oleh karena itu, Satuji akan mengumpulkan para tokoh di desa setempat untuk bermusyawarah.

“Tujuannya untuk mencari solusi bersama sehingga keresahan warga bisa mereda,” kata Satuji.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya