Untuk Ketiga Kalinya, Gempa Goyang Jayapura Papua

Ilustrasi/Seismograf merekam getaran gempa.
Sumber :
  • Antara/ Rudi Mulya

VIVA.co.id – Gempa bumi berkekuatan 5,3 skala richter terjadi di wilayah Jayapura Papua, Minggu petang, 18 September 2016. Laporan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

"Gempa terjadi di kedalaman 10 kilometer di 71 kilometer Barat laut Jayapura-Papua," tulis situs resmi BMKG.

Gempa di kawasan Jayapura Papua yang terjadi sekira pukul 14.17 kali ini menjadi gempa ketiga kali terjadi. Catatan BMKG, dua gempa beruntun terjadi pada Sabtu, 17 September 2016. Pertama terjadi pada pukul 08.20 dengan kekuatan 5,6 skala richter dengan kedalaman 10 kilometer dan terjadi di 80 kilometer barat laut Jayapura.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Kemudian terjadi lagi pada pukul 09.06, dengan kekuatan 5,1 skala richter dengan kedalaman 10 kilometer dan terjadi di 65 kilometer Barat Laut Jayapura. Seluruh gempa dilaporkan tidak berpotensi tsunami.

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang
Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024