Korban Tewas Longsor Sumedang Bertambah

Ilustrasi/Pencarian korban longsor
Sumber :
  • REUTERS / Stringer

VIVA.co.id – Korban tewas dalam bencana tanah longsor di Desa Cimareme, Sumedang, Jawa Barat, bertambah. Dua korban yang sebelumnya dinyatakan selamat meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang.

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

"Ada tiga orang tewas yang tertimbun saat longsor menimpa rumah, sedangkan dua orang yang berhasil dievakuasi menuju rumah sakit, namun meninggal dunia," ujar Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Polisi Yusri Yunus, di Markas Polda Jawa Barat, Rabu, 21 September 2016.

Yusri mengatakan, aparat terus melakukan evakuasi di lokasi karena dikhawatirkan masih ada korban longsor yang tertimbun lainnya. "Sementara jumlah korban meninggal dunia mencapai lima orang," ujarnya menambahkan.

Misteri Prabu Jayabaya yang Belum Terpecahkan, Dipercaya Sebagai Jelmaan Dewa

Selain memakan korban, longsor juga menutup Jalan Cadas Pangeran. Namun aparat gabungan dari TNI, Polri dan Badan SAR Nasional telah berhasil membersihkan sebagian longsoran tanah sekitar 20 meter yang menutup jalan itu. Hal ini membuat arus lalu lintas yang melintasi jalur Bandung-Sumedang ini menjadi tersendat di sekitar lokasi.

Untuk penanganan lalul intas, Satuan Lalulintas Polres Sumedang memberlakukan sistem buka-tutup jalan di kawasan Cadas Pangeran. Mereka juga sedang berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk mendatangkan alat berat guna menyingkirkan tanah longsor yang masih menutup sebagian jalan.

Mengulik Rahasia Terlarang Ramalan Jayabaya: Bencana hingga Pemimpin

Arus kendaraan dialihkan melalui jalur Citali Rancakalong. Sementara untuk truk besar, sementara ini tidak bisa melintas di jalur Sumedang ini, dan disarankan menggunakan Tol Cikopo-Palimanan.

Kepolisian mengimbau pengendara menghindari kawasan Cadas Pangeran, karena hujan diperkirakan masih akan turun di lokasi sehingga dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan.

Berdasarkan data Polda Jawa Barat, selain longsor, di Sumedang juga terjadi banjir di Kampung Gunungpuyuh, Kelurahan Regolwetan, dan Desa Padasuka, Sumedang Utara.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya