Ketua Umum PMI Baru Kunjungi Banjir Bandang Garut Besok

Banjir Bandang di Garut, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dokumen BNPB

VIVA.co.id – Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Ginandjar Kartasasmita rencananya akan mengunjungi lokasi bencana banjir bandang di Garut pada Kamis besok, 22 SEptember 2016. Ginandjar akan mengunjungi lokasi pengungsian di Korem Tarumanegara dan kantor Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Garut yang terkena dampak banjir bandang. Demikian menurut rilis yang diterima VIVA.co.id, Rabu malam, 21 September 2016.

Banjir Bandang Rusak Jembatan di Garut, Warga Sekampung Terisolir

“Bapak Ginandjar akan berangkat dari MRCCC Siloam Jakarta pada pukul 6.30 WIB menggunakan pesawat helikopter dan diperkirakan tiba di Garut pada pukul 07.00 pagi. Di Garut rombongan PMI akan mengunjungi lokasi pengungsian di Koream dan kantor UDD PMI yang terkena banjir bandang,” ujar Sunarbowo Sandi, Kepala Markas PMI Pusat.

Dijelaskan Kepala Humas Unit Transfusi Darah Pusat (UTDP) dr. Putri Srihartaty, seluruh peralatan pelayanan darah UTD Kabupaten Garut tidak bisa digunakan.

2 Nelayan Ditemukan Selamat Usai Terseret Banjir Bandang Garut Selatan

“Tempat penyimpanan darah atau Blood Bank terendam air. Darah yang sudah disimpan juga sudah tercampur lumpur,” katanya.

Kedatangan Ginandjar Kartasasmita ini juga dibarengi dengan bantuan PMI Pusat lainnya yang telah diberangkatkan sebelumnya, yaitu berupa 250 terpal, 250 selimut, 50 kantong jenazah, dan 2 unit kendaraan truk tangki air untuk mendukung respon PMI di lokasi bencana.

Jokowi Tugaskan Menteri Teten Datangi Garut

Berdasarkan data asesmen PMI di lapangan, sejauh ini korban Bencana banjir bandang membutuhkan bantuan berupa air bersih, tenda darurat, selimut, tikar, sarung, alat pembersih, bahan makan, peralatan keluarga, dan peralatan bayi.

VIVA Militer: Pangdam III/Siliwangi Kabupaten Garut pasca bencana banjir bandang

Paten, Gerak Cepat Jenderal Kopassus Terobos Wilayah Bencana di Garut

Sembilan desa di dua kecamatan, Kabupaten Garut, diterjang banjir bandang.

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2021