Mantan Panglima GAM Mendaftar Calon Gubernur Aceh

Pasangan Muzakir Manaf dan TA Khalid mendaftar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Aceh kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh pada Kamis, 22 September 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zulkarnaini Muchtar

VIVA.co.id - Pasangan Muzakir Manaf dan TA Khalid resmi mendaftar kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Aceh pada Pilkada tahun 2017.

Cerita soal Ayahnya dan Rekonsiliasi GAM, Prabowo Sebut Punya Hubungan Emosional dengan Aceh

Selawat badar dan takbir mengiringi kedatangan Muzakir Manaf-TA Khalid ke KIP Aceh mendaftar calon gubernur dan wakil gubernur pada Kamis, 22 September 2016.

Muzakir Manaf dan TA Khalid yang diusung Partai Aceh dipayungi menggunakan bendera Partai Aceh berukuran raksasa, para pendukung dan simpatisan mengikuti dari belakang. 

Pesawat Ditumpangi Prabowo Balik Lagi ke Aceh Akibat Cuaca Buruk

Saat mendaftar, pasangan ini mengenakan serban dan memakai jubah. Tiba di KIP Aceh, mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu disambut Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi.

"Sudah saya terima berkasnya, maka pendaftaran Muzakir Manaf dan TA Khalid dinyatakan sah diterima KIP Aceh," kata Ridwan Hadi.

Cerita Prabowo Subianto Bisa Bersatu Dengan Muzakir Manaf, Tokoh GAM yang Dulu Dia Cari

Pendaftaran Muzakir Manaf-TA Khalid didampingi para ulama dan para petinggi partai pengusung serta pendukung, di antaranya, Partai Aceh, Gerindra, PKS, PAN, PPP, dan PBB.

Muzakir sekarang menjabat Wakil Gubernur Aceh. Setelah perjanjian damai Aceh pada 15 Agustus 2005, sayap militer GAM dibubarkan, kemudian dibentuk Partai Aceh pada 2007. Muzakir menjadi Ketua Umum sejak partai itu didirikan sampai sekarang.

Muzakir Manaf bersama istrinya saat memasukkan surat suara ke kotak surat suara pemilu 2024. VIVA/Dani Randi

Muzakir Manaf Pamer Dua Jari Usai Nyoblos, Yakin Prabowo Menang Telak Lagi di Aceh

Eks pentolan GAM Muzakir Manaf pede suara Prabowo bakal menang lagi di Pilpres 2024 untuk wilayah Aceh.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024