Hujan Deras, 8 Desa di Sampang Terendam Banjir

Banjir di Sampang
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal

VIVA.co.id – Ratusan rumah di Kota Sampang, Madura, Jawa Timur, tergenang banjir setinggi satu meter akibat meluapnya air di sungai Kemuning pada Minggu, 25 September 2016. Kendati belum memakan korban jiwa, banjir ini mengakibatkan tersendatnya akses dari Madura menuju Surabaya.

Bencana Banjir di Aceh Singkil, Ribuan Rumah di 16 Desa Terendam

Banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur kawasan utara Sampang yaitu di Kecamatan Robatal, Karang Penang, Omben dan Kedungdung . Sungai Kemuning yang merupakan sungai yang berada di bagian tengah Sampang dan akibat hujan deras tak mampu menampung air hingga meluap dan menggenangi kawasan permukiman di kabupaten termuda di Madura tersebut.

Akibat banjir, delapan desa dan kelurahan terendam banjir tersebut yakni Desa Kamoning, Panggung, Gunung Maddah, Pasean, Tanggumung, Kelurahan Dalpenang, dan Kelurahan Rongtengah. Ketinggian air yang menggenangi permukiman warga antara 60 sampai 125 Centimeter.

Viral Video Banjir Parah Menerjang Seoul Korsel yang Memadamkan Listrik di 4.000 Rumah

"Di titik tertentu ketinggian air ada yang sampai 1,25 meter," kata Kepala bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Jawa Timur, Achmad Robiul Fuad saat dihubungi VIVA.co.id pada Minggu, 25 September 2016.

Laporan terkini yang diperoleh dari lokasi banjir, debit air di sungai Kemuning sudah mulai surut. Kendati begitu, petugas tetap disiagakan karena kondisi sungai bergantung pada pasang surutnya air laut.

KBRI Pastikan Tak Ada WNI jadi Korban Bencana di Korea Selatan

"Biasanya sore dan malam air laut pasang. Kalau hujan lagi, debit air Sungai Kemuning kemungkinan tinggi lagi," ucap Fuad.

BPBD, lanjut Fuad, bersama petugas dari instansi lain sudah menyiapkan logistik di Kota Sampang untuk membantu warga terdampak banjir yang kini diungsikan ke lokasi aman. Dia menyebutkan, belum ada laporan adanya korban jiwa dalam bencana ini.

Selain permukiman warga, jalan utama di Kota Sampang juga tergenang banjir. Di antaranya di Jalan Suhadak, Jalan Melati, dan Jalan Mawar. Akibatnya, jalan tidak bisa dilalui oleh kendaraan. Kendaraan bermotor dari Sumenep-Pamekasan ke Surabaya dialihkan ke jalur alternatif.  

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang saat ini berada di Jawa Timur mengatakan sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Jatim dan Sampang agar melakukan langkah penanganan bencana banjir.

"Di Sampang, tim dari Kementerian Sosial mendirikan Dumlap (Dapur Umum Lapangan) untuk warga terdampak," ujar Khofifah saat menghadiri acara Muslimat Nahdlatul Ulama di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya