Ratusan Ribu Rokok Ilegal Diamankan Bea Cukai Surakarta

Rokok Ilegal & Mesin Pembuat Rokok Ilegalpun Diamankan Bea Cukai Surakarta
Sumber :

VIVA.co.id – Bea Cukai kian gencar melakukan pengawasan dan penegakan hukum di bidang cukai. Terbukti dengan dilakukannya penindakan terhadap peredaran Barang Kena Cukai Hasil Tembakau (rokok) ilegal, di Klaten oleh Bea Cukai Surakarta, Selasa 27 September 2016.

Kasus Pungli, Kejati Banten Sita Rp1,1 Miliar dari Bea Cukai Soetta

Tak tanggung-tanggung, selain 410.600 batang rokok jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) yang tidak dilekati pita cukai, petugas juga berhasil mengamankan satu unit mesin untuk memproduksi rokok merek Shenzen seri GRA 208 (MK-8 MAKIII) yang tak berlisensi.

Mesin Pembuat Rokok Ilegalpun Diamankan Bea Cukai Suraka

Rokok Ilegal Senilai Rp6,6 Miliar Disita Bea Cukai Aceh

Penindakan ini berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh intelijen Bea Cukai Surakarta dan Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY. Selanjutnya petugas melaksanakan pengintaian terhadap pergerakan sebuah mobil yang diduga membawa barang kena cukai ilegal, di Polodadi, Tarubasan, Karanganom, Klaten. Hasil pemeriksaan terhadap isi muatannya, kedapatan mobil tersebut membawa rokok yang tidak dilekati pita cukai dalam bentuk batangan.

Kepala Kantor Bea Cukai Surakarta Kunto Prasti Trenggono, Selasa 27 September 2016 mengungkapkan bahwa berdasarkan pengembangan dari keterangan 4 orang tersangka yang diamankan, diperoleh Informasi bahwa barang tersebut diproduksi di sebuah gudang yang tidak jauh dari lokasi penghentian sarana pengangkut.

CHT Sudah Naik Harga Rokok Tetap Sama, Begini Kata Bea Cukai

“Pada gudang yang dijadikan tempat memproduksi rokok ilegal tersebut, petugas mendapatkan 1 unit mesin untuk memproduksi rokok dan barang-barang pendukung produksi rokok seperti mesin ayak tembakau, kertas rokok, filter rokok, lem, sause rokok, dan tembakau Rajang siap produksi,” ujar Kunto.

Selanjutnya, petugas melakukan penyegelan terhadap gudang beserta barang-barang di dalamnya. Barang bukti pun dibawa ke kantor Bea Cukai Surakarta untuk dilakukan proses lebih lanjut sesuai ketentuan perundang-undangan.

Kasus yang berpotensi menyebabkan kerugian Negara sejumlah Rp123.180.000 ini diduga telah melanggar ketentuan Pasal 50 UU Nomor 11 Tahun 1995 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 39 Tahun 2007 tentang cukai. (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya