Antisipasi Abu Vulkanik Bromo, Garuda Alihkan Penerbangan

Gunung Bromo, Jawa Timur.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Dampak abu vulkanis akibat erupsi Gunung Bromo membuat dua penerbangan maskapai Garuda Indonesia tujuan Bandara Abdulrahman Saleh, Malang, Jawa Timur, dialihkan ke Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo. Pengalihan terpaksa dilakukan karena adanya abu vulkanis yang terbang tertiup angin mengarah ke barat. 

Ngakak, Bocah Nangis Kejer tak Bertemu Teletubbies di Bromo

Kepala UPT Bandara Abdulrachman Saleh, Suharno, mengatakan hanya maskapai Garuda yang mengalihkan penerbangan ke Juanda. Sementara maskapai lainnya yang mengarah ke bandara ini belum mengubah jalur penerbangan. Sebab, aktivitas di bandara masih dibuka dan berlaku normal.

"Memang karena abu vulkanik yang mengarah ke barat sehingga mengalihkan rute penerbangan," kata Suharno di Malang, Kamis, 6 Oktober 2016.

Penampakan Macet 'Horor' di Bromo Saat Libur Natal, Dipenuhi Mobil dan Motor

Suharno menambahkan, pihak bandara akan mengikuti perkembangan kondisi Gunung Bromo yang terus mengeluarkan abu vulkanik. "Untuk penerbangan dari dan menuju Bandara Abdulrahman Saleh masih aman. Garuda itu mengantisipasi," ujar Suharno.

Antisipasi penerbangan ini sudah dilakukan Garuda Indonesia sejak Rabu kemarin, 5 Oktober 2016. Semua penerbangan Garuda Indonesia tujuan Malang sudah dialihkan ke Bandara Juanda karena abu vulkanis Bromo. 

TNI AU Prioritaskan Angkut Beberapa Perangkat Penting Pesawat Super Tucano

Menurut laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, kondisi cuaca di kawasan Bromo hari ini berdasarkan pantauan pukul 00.00-06.00 WIB, cuaca cerah dengan suhu 9-20 derajat celcius. 

Dari kawah terlihat asap putih kelabu hitam sedang menjurus tebal, dengan tekanan sedang. Asap ini membumbung tinggi sekitar 200-300 meter ke arah barat. (ase)

Lautan pasir Gunung Bromo di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Heboh Banjir di Lautan Pasir Bromo, Ini Penjelasan TNBTS

Kawasan wisata lautan pasir di Gunung Bromo, di Jawa Timur, dilanda banjir akibat hujan deras pada Selasa kemarin. Video suasana banjir di lokasi favorit wisata, menyebar

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2024