HUT 64 Republik Indonesia

Andi Mattalatta: Penjara Kelebihan Kapasitas

VIVAnews - Menteri Hukum dan HAM Andi Mattalatta mengatakan kapasitas Lapas atau rumah tahanan mengalami kelebihan kapasitas pada beberapa tahun terakhir.

Bahkan akhir 2009 ini menurut perkiraan jumlah tahanan akan mencapai sekitar 140.000 orang, sementara kapasitas yang tersedia hanya untuk sekitar 90.000 orang.

"Kondisi ini telah berdampak pada kurang optimalnya pelayanan, bimbingan dan pembinaan warga binaan pemasyarakatan karena terbatasnya sarana dan prasarana yang ada, disamping itu juga berdampak pada kerawanan, keamanan dan ketertiban," ujar Andi saat pidato upacara di LP Cipinang, Blok Narkotika, Jakarta, Senin 17 Agustus 2009.

Namun pemerintah tetap berkomitmen untuk selalu meningkatkan dedikasi dalam pelayanan tugas. Untuk itu, tambah Andi, kerjasama dengan berbagai instansi diharapkan dapat membantu termasuk dengan lembaga swadaya masyarakat atau LSM.

"Melalui kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah pusat terkait, pemerintah daerah, Lembaga Swadaya Masyarakat atau NGO diharapkan dapat mempercepat perubahan, perbaikan, untuk mengatasi atau mengurangi masalah yang ada," kata Andi lagi.

Sementara dalam jumpa pers, Andi mengatakan pertumbuhan dana pembangunan lembaga pemasyarakatan adalah dua persen tiap tahunnya. Sementara, pertumbuhan penghuni lembaga pemasyarakatan adalah empat persen setiap tahunnya. "Tiap tahun kami defisit sampai dua persen," tegas Andi.

Maka itu, pemerintah meminta kepada DPR untuk menambahan anggaran 10 persen per tahun untuk dialokasikan pada pembangunan lapas di seluruh Indonesia.

"Idealnya, jika ingin masalah ini selesai dalam 5 tahun maka 10 persen per tahun untuk tambahan anggaran," kata Andi.

Andi menjelaskan bahwa dengan kelebihan kapasitas di lapas merupakan sumber dari semua permasalahan yang ada di dunia penjara.

Hak-hak para napi menjadi tidak pasti. Misalnya saja untuk menerima tamu, dari 500 tempat yang disediakan di LP Cipinang mesti diperebutkan oleh ribuan orang. Karena total penghuni LP Cipinang ada sekitar 2000 orang.

Perebetuan jatah itu sudah bisa mengakibatkan suap, hanya untuk mendapat tempat menerima tamu.
"Petugas kami manusia juga. Pertama meraka menolak suap, kedua masih bisa menolak, yang ketiga mungkin malah minta," kata Andi.

Itulah sebabnya Andi mengusulkan adanya upaya perbaikan dalam pelayanan di lembaga pemasyarakatan.

"Kalau mau mengobati penyakitnya harus dari sumbernya," ujar Andi.
Maka perbaikan kualitas dan kapasitas penjara atau rumah tahanan mesti dilakukan.

Polisi Antisipasi Macet di Jadetabek Karena Mudik Lokal di Hari Lebaran
Perayaan Idul Fitri 2023 di Gedung Putih

5 Ide Ucapan Lebaran Berbahasa Inggris, Biar Kelihatan Lebih Keren

Berikut beberapa ide ucapan lebaran dalam Bahasa Inggris yang bisa digunakan dalam berkirim pesan.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024