Ini Aturannya Jika Membawa Barang Masuk ke Kawasan Bebas

Bawa Barang Masuk ke Kawasan Bebas? Perhatikan Dulu Aturannya
Sumber :

VIVA.co.id – Kawasan Batam dikategorikan sebagai kawasan perdagangan bebas bersama dengan Sabang, Bintan dan Karimun. Kawasan perdagangan bebas atau yang biasa disebut free trade zone adalah suatu kawasan yang berada di wilayah hukum Republik Indonesia yang terbebas dari pengenaan Bea Masuk, Pajak, Pertambahan Nilai, Pajak Penjualan atas Barang Mewah dan Cukai. Terkait hal di atas, ada beberapa ketentuan untuk memasukkan barang ke kawasan tersebut.

Rokok Ilegal Senilai Rp6,6 Miliar Disita Bea Cukai Aceh

“Ketentuan yang mengatur tentang pelaksanaan kawasan bebas tertuang pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 47/PMK.04/2012,” jelas Deni Surjantoro Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi.

Deni menambahkan bahwa pemasukan dan pengeluaran barang ke kawasan bebas dapat dilakukan oleh pengusaha yang telah mendapat izin usaha dari Badan Pengusahaan Kawasan. Pengusaha tersebut wajib membuat dokumen pemberitahuan pabean ke Kantor Bea Cukai.

CHT Sudah Naik Harga Rokok Tetap Sama, Begini Kata Bea Cukai

“Dokumen yang dimaksud adalah PPFTZ-03, dokumen tersebut merupakan pemberitahuan pabean untuk pemasukan barang ke kawasan bebas dari dalam negeri selain kawasan bebas, tempat penimbunan berikat dan kawasan ekonomi khusus,”ujarnya.

Dokumen PPFTZ-03 wajib dibuat oleh penguasa di kawasan bebas, sepanjang menyangkut pemberian fasilitas tidak dipungut PPN atau tidak dikenakan cukai. PPFTZ-03 diajukan di Kantor pabean tempat penerima barang berada, jika di Batam, maka dokumen tersebut dibuat di Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Batam.(webtorial)

Polisi Gagalkan 5 Ribu Ekstasi dan 1,3 Kg Sabu-sabu Untuk Tahun Baru
Ilustrasi barang bukti kasus korupsi

Kasus Pungli, Kejati Banten Sita Rp1,1 Miliar dari Bea Cukai Soetta

Kejati Banten menggeledah kantor Bea Cukai Tipe C Soekarno Hatta, Kamis, 27 Januari 2022, atas dugaan tindak pidana pungli terhadap perusahaan jasa kurir

img_title
VIVA.co.id
27 Januari 2022