Gubernur BI Mangkir dari Pemeriksaan KPK

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo.
Sumber :
  • Chandra G Asmara / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, mangkir pemeriksaan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin, 18 Oktober 2016. Dia sedianya diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP) yang telah menjerat tersangka Irman, mantan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

"Terkait pemanggilan Agus, penyidik belum memperoleh konfirmasi terkait ketidakhadirannya sampai saat ini," kata Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati, di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Karena itu, menurut Yuyuk, pihaknya akan menjadwalkan ulang pemeriksaan Agus yang pernah menjabat Menteri Keuangan itu.  "Akan dijadwalkan ulang," kata Yuyuk.

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

Dikonfirmasi terpisah, Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif, menjelaskan pemeriksaan terhadap Agus sejatinya untuk mengklarifikasi pembiayaan proyek e-KTP. Sebab, ketika proyek senilai Rp6 triliun itu bergulir, dia menjabat sebagai Menteri Keuangan RI.

"Terkait pendanaan dan pembiayaan e-KTP itu yang akan dimintai keterangannya. Biar penyidik lebih jelas siapa yang bertanggung jawab," kata Laode. Apalagi kerugian negara yang ditimbulkan pada proyek ini mencapai Rp2 triliun.

MAKI Minta KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Tongkang

Pada kasus e-KTP, penyidik baru menjerat Irman dan Sugiharto selaku mantan Direktur Informasi Administrasi di Ditjen Dukcapil Kemendagri. Sugiharto kala itu adalah pejabat pembuat komitmen proyek e-KTP.

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024