MenPAN RB: Mayoritas PNS Hanya Mampu Jadi Tukang Ketik

Menpan-RB Asman Abnur
Sumber :
  • VIVA/Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur menyebut, bahwa mayoritas Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau 64 persen Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia hanya punya kemampuan rendah.

Menpan-RB Janji Angkat 2,3 Juta Tenaga Honorer: Tes Hanya Formalitas

Menurutnya, kemampuan yang dikuasai para ASN itu hanya sebagai juru ketik atau hanya mumpuni di bidang administrasi. Jumlah itu tak termasuk tenaga kesehatan dan guru.

"Ada tantangan yang sangat berat ke depan, yakni, komposisi ASN. Dari 4,7 juta, hal yang saya kagetkan, 64 persen kemampuannya hanya juru ketik," ungkap Asman di Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara 7, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Oktober 2016.

Sah! Periode Kenaikan Pangkat PNS Kini 2 Bulan Sekali

Dengan fakta tersebut, Asman pun mengaku khawatir jika Indonesia tidak akan bisa maju. Sebab, negara dirugikan, karena aparatnya tidak produktif. "Bagaimana negara bisa maju. Kita punya ASN didominasi kemampuannya administrasi. Ini merugikan negara, tidak produktif," ujarnya menambahkan.

Padahal kata dia, jika para ASN itu diberdayakan imbasnya pasti akan sangat efektif. Sehingga, penambahan pegawai ASN tidak diperlukan lagi setiap tahunnya. "Jadi kalau mumpuni itu tidak perlu tambah pegawai. Memang, sekarang masih moratorium, belum berani tambah formasi." 

Oknum Satpol PP di Garut Dukung Cawapres, Plt PPP Ingatkan Instruksi Mendagri

(mus)

IKN Nusantara.

Ratusan Ribu Ribu PNS Sudah Ikuti Uji Kompetensi dari BKN untuk Siap Pindah ke IKN

Sebanyak 121.626 orang PNS sudah mengikuti uji kompetensi yang diadakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai persiapan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024