Pemerintahan SBY Klaim Tindaklanjuti Temuan TPF Munir

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan mantan Mensesneg Sudi Silalahi (kiri).
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Mantan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengklaim pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah menindaklanjuti temuan tim pencari fakta (TPF) kasus pembunuhan Munir. Bahkan, atas sikap mendukung dari SBY, Bareskrim Polri merasa mendapatkan ruang dan wewenang untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan kepada siapapun baik di dalam maupun di luar negeri.

Rachland Nashidik: Omong Kosong Laporan TPF Munir Hilang

"Pemerintahan Presiden SBY tidak pernah menghentikan proses penegakan hukum atas meninggalnya almarhum Munir, aktivis HAM Indonesia," kata Sudi dalam konferensi pers di kediaman SBY, Cikeas, Bogor, Selasa, 25 Oktpber 2016.

Sudi menuturkan, setelah TPF merampungkan tugasnya, proses penegakan hukum terus berlangsung sampai keputusan terhadap para terdakwa memiliki kekuatan hukum tetap atau inkracht.

17 Tahun Kematian Munir, KASUM Desak Jokowi Jangan Diam

"Terhadap rekomendasi TPF yang menyebut kemungkinan keterlibatan saudara AM Hendropriyono dari hasil penyelidikan dan penyidikan terhadap para saksi dan para terdakwa yang telah dijatuhi hukuman serta barang bukti, waktu itu tidak diketemukan keterkaitan dengan saudara AM Hendropriyono," kata Sudi lagi.

Sudi juga menyampaikan bahwa tidak benar pemerintahan SBY menghilangkan dokumen TPF Munir. Menurutnya, tak ada kepentingan dan urgensi apapun untuk menghilangkan naskah laporan tersebut.

Komnas HAM Didesak Tetapkan Kasus Munir Pelanggaran HAM Berat

"Publik menyaksikan bahwa bukan hanya penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan yang dilakukan oleh negara, bahkan telah digelar sejumlah peradilan terhadap mereka yang didakwa melakukan kejahatan atas meninggalnya Munir," kata dia.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI

Kenang Munir, 7 September Diusulkan Jadi Hari Pembela HAM

Usulan Hari Pembela HAM Nasional pada 7 September bertepatan dengan hari kematian aktivis HAM, Munir.

img_title
VIVA.co.id
7 September 2021