Lembaga Pertahanan RI Harus Kurangi Ketergantungan Asing

Brigjen Jan Pieter Ate, Direktur Teknologi dan Industri Kementerian Pertahanan.
Sumber :
  • Viva.co.id/Bobby Agung

VIVA.co.id – Direktur Teknologi dan Industri Kementerian Pertahanan (Kemhan) Brigjen Jan Pieter Ate, mengatakan bahwa pertahanan Indonesia sejatinya harus mengurangi ketergantungan terhadap negara lain.

Hari Ke-2 Lebaran, Prabowo Keliling Kunjungi Kerabat: Jokowi, ARB, Dasco, Zulhas hingga Airlangga

Hal tersebut, ia sampaikan pada konferensi pers Indo Defence 2016 Expo & Forum, di Aula Bhinneka Tunggal Ika, Kantor Kementerian Pertahanan RI, Rabu 26 Oktober 2016.

"Ketergantungan Indonesia terhadap kebutuhan pertahanan dari luar negeri mesti berkurang, dan hal itu jelas akan terjadi. Lewat sejumlah pembenahan, produk-produk lokal asli Tanah Air saat ini, bahkan telah dilirik oleh lembaga ketahanan negara lain," ujar Jan Pieter Ate.

Prabowo Apresiasi Patung Jenderal Sudirman yang Berdiri di Kementerian Pertahanan Jepang

Jan juga menambahkan, sejumlah produk asli Indonesia seperti produk dari PT Pindad dan PT Dirgantara Indonesia, saat ini telah rutin melakukan ekspor ke luar negeri.

"Ini membuktikan bahwa teknologi yang diciptakan oleh anak bangsa jelas tak bisa dipandang sebelah mata lagi," kata Jan.

Kementerian Pertahanan RI Panen Raya Jagung di Lahan Food Estate Kalimantan Tengah

Melalui hal tersebut, Jan berkata bahwa Indo Defence 2016 Expo & Forum akan menjadi satu event yang bertujuan untuk mengokohkan sistem pertahanan Republik Indonesia.

"Indo Defence menjadi salah satu misi dari kami untuk dapat memajukan pertahanan di Indonesia. Selain itu, ikatan lembaga pertahanan tiap negara juga bakal makin erat di sini. Kita bisa belajar banyak dari negara lain," kata Jan.

Laporan : Bobby Agung (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya