Kisah Polisi Jual Bumbu Dapur untuk Tambah Penghasilan

Ilustrasi bumbu dapur.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Aiptu Khamim memulai kerjanya lebih awal. Polisi yang bertugas di Polsek Wonosalam, Jombang, Jawa Timur ini harus berangkat dari rumah sekitar pukul 03.30 pagi untuk menjual bumbu dapur di pasar. Menjual bumbu dapur adalah cara yang dilakukan Khamim untuk menambah penghasilan demi keluarganya.

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya

Kegiatan ini telah dilakukan Khamim selama 15 tahun. Ia mengaku keputusannya untuk menjual bumbu dapur karena ingin memiliki rumah untuk tempat tinggal istri dan ketiga anaknya. 

"Saat itu sebagai satu keluarga, saya ingin memiliki sebuah rumah. Gaji sebagai polisi tidak mencukupi sehingga saya harus membanting tulang, akhirnya terpikir jual bumbu," kata Khamim saat diwawancara Apa Kabar Indonesia Pagi di tvOne, Minggu 30 Oktober 2016.

Kutukan Sungkyunkwan Scandal: 5 Pemerannya Terjerat Kontroversi Bertubi-tubi!

Diakui Khamim, awalnya sulit menjual bumbu kepada pedagang di pasar. Namun, dengan kesabaran dan kerja keras, ia mampu membuat pedagang di pasar percaya untuk menjual bumbunya kepada pelanggan mereka. 

"Kita yakini, walau sulit. Mulai tahun 2003 mulai lancar. Dan sekarang satu kali kirim bisa 3.000. Kalau dibantu anak saya bisa 6.000," ujarnya.

Bulu Mata, Salah Satu Kunci Penampilan Kris Dayanti

Ia menyatakan tidak malu dengan pekerjaan tambahannya tersebut. Terlebih lagi, pekerjaan itu juga tak mengganggu tugasnya sebagai polisi. “Saya mulai pukul 03.30 pagi dan mengantarkan barang ke pasar. Kalau ke rumah-rumah, itu akan menghabiskan waktu saya. Dari pasar saya ke kantor, sampai kantor saya pukul 07.30 WIB,” ungkapnya.

Penghasilan dari menjual bumbu juga lumayan dan dapat membantu kehidupan sehari-hari keluarganya. Ia dapat mengumpulkan uang sekitar Rp5 juta per bulannya. “Penghasilannya lumayan,” ujarnya.

Pemain Teater Musikal Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

Sebagai pemeran utama dalam pertunjukan teater musikal ini, Sherina Munaf mengaku sangat bangga melihat anak-anak sekolah yang sangat pandai bermain musik orchestra.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024