Kepri Carnival, Pukau Wisman dan Yachters

Pulau Abang, Kepulauan Riau.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Rangkaian acara menuju Festival Bahari Kepri 2016 betul-betul memberi warna yang berbeda di Tanjungpinang, Kepri. Terutama Kepri Carnival 2016 yang kali ini dibuat sangat bertema, dan menjadi supporting Sail Karimata 2016. Ada arak-arakan carnival dengan kostum warna-warni gemerlap yang wow, tidak kalah dari  Jember Fashion Carnival, Banyuwangi Ethno Carnival, Solo Batik Carnaval, ataupun Malang Flower Carnival yang sudah mendunia.

Dinas Pariwisata Bali Gencar Antisipasi Kejahatan dan Gangguan Wisatawan

Sedikitnya 115 talent Provinsi Kepri mampu memukau wisatawan mancanegara (wisman) yang memadati Gedung Daerah, Tanjungpinang, Jumat, 28 Oktober 2016 itu. Mereka adalah para wisatawan bahari dan yachters yang merapat di Tanjung Pinang, dalam rangkaian Sail itu.

"Kepri harus sering mengadakan events dan terjadwal rapi, lalu dipromosikan jauh hari, agar menjadi atraksi atau tontonan menarik buat wisatawan bahari," kata Menpar Arief Yahya.

Strategi Baru Industri Perhotelan untuk Menarik Wisatawan Setelah Pandemi

Lebih dari dua ribu pasang mata memadati Gedung Daerah, Tanjungpinang. Bahkan ratusan yachter berbaur bersama masyarakat untuk menikmati suguhan Kepri Carnival. Kehadiran talent-talent yang dibalut dengan berbagai fashion kebudayaan tersebut menjadi magnet tersendiri bagi wisman maupun masyarakat lokal. "Itu akan menjadi ajang welfie yang mengesankan bagi wisatawan," kata Arief Yahya.

Selain menunjukan kebolehannya di hadapan para wisman di halaman Gedung Daerah. Para talent juga berjalan melintasi jalan Pos dan Jalan Jusuf Kahar. Kemudian kembali ke Gedung Daerah, Tanjungpinang. Masyarakat  antusias dengan berbaris di sepanjang jalan melihat parade fashion tersebut.

KIRANA Group Mengubah Lanskap Pariwisata Bali dengan Inisiatif Baru

"Kami menaruh hormat dan apresiatif kepada Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) Kepri yang sukses menyuguhkan berbagai fashion yang berbau kebudayaan daerah," ujar Ketua Harian Festival Bahari Kepri, Guntur Sakti disela-sela kegiatan.

Kedispar Kepri yang jago MC dan bersuara bariton itu mengatakan, Kepri Carnival kali ini menyuguhkan berbagai tema. Seperti kesenian tradional Kepri, Makyong, Tepak Sirih, Gonggong, dan Jong. Menurut Guntur, even ini jangan dilihat dari sisi entertainnya saja, juga harus dilihat dari sisi edukasinya. Karena ada pesan yang disampaikan.

"Para yachter sangat takjub dengan even-even wisata yang kita siapkan itu.Apalagi para yachter kita undang khusus," kata Guntur yang berkeyakinan besar, Kepri Carnival ini bisa lebih menarik lagi ke delan. Bahkan, bisa menjadi spirit baru bagi dunia pariwisata Kepri.

Dijelaskannnya, kenapa Kepri Carnival menjadi kegiatan pilihan yang mewarnai FBK. Yakni ingin meneguhkan posisi Kepri sebagai salah satu Provinsi Karnaval di Indonesia. Apalagi Kepri merupakan beranda terdepan Indonesia di bagian utara yang berbatasan langsung dengan negara-negara Asean. Seperti Malaysia dan Singapura.

"Gaung Kepri Carnival harus terus bergema. Sehingga menjadi even yang ditunggu-tunggu kedepannya. Even ini juga menjadi ajang promosi keberagaman wisata yang ada di Provinsi Kepri ," ujar Guntur.

Sementara itu Pemkab Bintan secara khusus menggelar gala dinner untuk para yachter yang mengikuti Festival Bahari Kepri 2016. Kegiatan yang dipusatkan di Bintan Resort Lagoi ini dihadiri ratusam yachter dari berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, dan Australia. Mereka terpukau suguhan Wonderful Indonesia yang menampilkan tari tarian dan seni budaya.

Bupati Bintan Apri Sujadi yang diwakili Sekda Bintan Akib Rahman menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran yachter yang menyukseskan Sail Karimata 2016 dalam bingkai Wonderful Indonesia itu.

"Pemkab Bintan mendukung penuh kegiatan Festival Bahari Kepri, kegiatan ini semakin memajukan wisata di Kabupaten Bintan dan Kepri," ujar Akib Rahman.

Dikatakan, Festival Bahari Kepri menunjukan keseriusan kabupaten/kota dalam mengembangkan wisata bahari di perbatasan antar negara. Terlebih even besar ini telah didukung total Kementerian Pariwisata RI.

"Bintan memiliki pemandangan alam yang indah, laut yang eksotis, serta budaya yang ramah, silahkan para wisatawan berkunjung ke Bintan," kata Akib Rahman disambut tepuk tangan ratusan yachter.

Sekda berharap ke depan para yachter kembali berkunjung ke Bintan tentunya bersama dengan keluarga, kerabat, teman dan koleganya. Pada acara gala dinner ini ditampilkan sejumlah tarian tradisional asal Bintan yang juga memukau para pengunjung. Sejumlah turis mancanegara tidak henti-hentinya mengambil gambar penampilan anak-anak muda Kepri.

Pimpinan Bintan Resort, Abdul Wahab yang malam itu secara khusus menyambut ratusan yachter merasa bangga dengan kehadiran ratusan kapal yacht baik dari dalam negeri maupun manca negara.

Menurutnya ini bukti wisata bahari Kepri tidak kalah dengan wisata laut di belahan dunia lain.

"Sungguh ini momen yang luar biasa, ratusan kapal yacht berkumpul di Kepri menikmati keindahan pantai dan laut Kepri, kami berharap ke depan kegiatan ini terus berlanjut, tentunya dengan jumlah peserta yang makin banyak," ujarnya.  (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya