Makassar Diguncang Gempa Tektonik

Gempa di Sulawesi
Sumber :
  • Ist

VIVA.co.id – Gempa bumi tektonik melanda wilayah Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 31 Oktober 2016, pada pukul 17.18.14 WIB. Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diterima VIVA.co.id, kekuatan gempa adalah 4,6 Skala Richter.

Waspada, Kabupaten Sumba Timur Diprediksi Alami 60 Hari Tanpa Hujan

Diketahui, episenter gempa terletak pada koordinat 4,70 LS dan 120,00 BT, tepatnya di darat pada jarak 86 km arah timur laut Kota Makassar pada kedalaman 10 km.

Dampak gempa yang berupa guncangan dirasakan di beberapa daerah seperti Makassar, Soppeng, Bone, Caming, Watanlamuru, Watampone, Marek, Soreang, Maros, Mandai, Campae, dan Rala. Tingkat guncangan dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III MMI).

Gempa 6,9 Skala Richter Mengguncang Banten, Ini Akibatnya

"Beberapa warga di daerah ini dilaporkan sempat berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Daryono menerangkan, dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar aktif. Sesar Walanae diperkirakan menjadi pembangkit gempa bumi ini.

Gempa Bumi Magnitudo 7,1 Guncang Ternate, Berpotensi Tsunami

Hingga saat ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan terjadi gempa bumi susulan. BMKG mengimbau agar masyarakat yang terdampak tetap tenang karena gempa ini tidak berpotensi merusak. (ase)

Kondisi kabut asap terlihat jelas kualitas udara dan jarak pandang terbatas. (Foto: Rochman/TIMES Indonesia)

Minggu, Udara di Palembang Masuk Level Bahaya

Sore hari dihimbau warga tak keluar rumah

img_title
VIVA.co.id
22 September 2019