Gelombang Massa dari Lampung dan Jatim Bergerak ke Jakarta

Warga Lampung bersiap ke Jakarta untuk ikut demo damai 4 November
Sumber :
  • Ardian/ Lampung

VIVA.co.id – Massa dari berbagai ormas Islam di  Lampung yang hendak bergabung mengikuti aksi damai  4 November di Jakarta untuk menuntut proses hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sudah mulai berangkat. Massa gabungan umat Islam tersebut menggunakan bus besar dan mobil pribadi.

Dari pantauan VIVA.co.id, massa yang akan berangkat ke Jakarta berkumpul di beberapa lokasi keberangkatan. Kebanyakan adalah anak muda dari beberapa kabupaten di Lampung. Salah satu kelompok yang berangkat ke Jakarta adalah dari Aliansi Pengawal Fatwa MUI. Rombongan berangkat dari Islamik Center dengan mengenakan lima bus dengan jumlah lebih dari 150 orang.

M Kece Dituntut 10 Tahun Penjara

Warga Lampung bersiap ke Jakarta untuk ikut demo damai 4 November

Cucu Mulyono selaku koordinator Aliansi Pengawal Fatwa MUI sempat memberikan instruksi kepada massa yang akan berangkat, agar tidak terpancing untuk berbuat anarki. Tujuan keberangkatan mereka adalah menuntut penegakan hukum terhadap penista agama oleh Ahok.

"Kita berangkat untuk membela agama, dan tujuan untuk menegakkan, menuntut pemerintah menegakkan hukum terhadap penista agama," ujarnya, Rabu, 3 November 2016.

Cucu menambahkan, selain dari Aliansi Pengawal Fatwa MUI, ada juga mahasiswa, mereka berangkat dengan sukarela dan harus membayar Rp75.000 per orang.

Massa dari Jawa Timur

Marak Kasus Penistaan Agama di Pakistan, Perempuan Muda Divonis Mati

Ratusan warga Jawa Timur juga sudah berangkat ke Jakarta untuk mengikuti demonstrasi terkait penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama. Mereka berangkat dari Masjid Al Akbar Surabaya.

Sekretaris Jenderal Gerakan Umat Islam Bersatu (GUIB) Jatim, M Yunus mengatakan, rombongan yang berangkat adalah anggota dari 70 ormas Islam di Jatim. Untuk memberangkatkan rombongan itu, mereka menggunakan delapan bus.

Ferdinand Hutahaean Tulis Surat Permohonan Maaf dari Penjara

“Tapi ada juga yang menggunakan mobil pribadi, naik kereta api, bahkan ada juga yang naik pesawat,” kata Yunus.

Warga Jawa Timur bersiap ke Jakarta untuk ikut demo damai 4 November

Meski demikian, rombongan yang berangkat pada hari ini dianggap Yunus masih terbilang kecil. Sebab, sebagian besar peserta aksi sudah berangkat terlebih dahulu beberapa hari lalu.

“Sejak tanggal 27 Oktober lalu sudah ada yang berangkat, dan itu sangat besar, walaupun saya belum mengetahui jumlah pastinya berapa,” ujar Yunus.

Yunus melanjutkan, meskipun massa demonstrasi tidak sedikit jumlahnya, namun dia berjanji akan menjaga kelompoknya melakukan aksi secara damai.

“Karena kami sudah berkomitmen untuk tertib, dan fokus pada tuntutan kami, yaitu meminta kasus penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok diproses secara hukum,” kata Yunus.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya