Kepung Istana Negara, Demonstran Serukan Revolusi

Massa HMI saat turun dalam aksi 4 November 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eduward Ambarita

VIVA.co.id - Aksi unjuk rasa menuntut proses hukum Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) atas dugaan penistaan agama terpusat di depan Istana Merdeka yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat.

M Kece Dituntut 10 Tahun Penjara

Pantauan VIVA.co.id, dari sisi kiri Istana Merdeka, tepatnya di Jalan Medan Merdeka Utara, juga terjadi demonstrasi yang sama, tepatnya di Jalan Majapahit  di depan gedung Graha Perusahaan Perdagangan Indonesia.

Sempat terjadi aksi lempar botol, dari arah Jalan Majapahit itu karena para demonstran berusaha mendekat ke arah Istana Merdeka, Jakarta. Bahkan, barikade aparat kepolisian berjaga ketat  berjaga membentuk sejajar agar demonstran tak mendekati Istana.

Marak Kasus Penistaan Agama di Pakistan, Perempuan Muda Divonis Mati

Di Jalan Medan Merdeka Barat, sejumlah massa yang terus berorasi terus meminta Presiden Jokowi untuk menindaklanjuti proses hukum terhadap Ahok.

Hadir di antaranya Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, yang berdiri depan mobil bak bersama Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault.

Ferdinand Hutahaean Tulis Surat Permohonan Maaf dari Penjara

Dalam orasinya, Fahri terus mendesak kepolisian memproses hukum terhadap Ahok. Menurutnya, pernyataan Ahok di Pulau Seribu melecehkan umat Islam.

"Saya dari Parlemen. Dan ini merupakan sejarah.  Parlemen jalanan terbesar di Indonesia," ujar Fahri saat orasi di depan Istana, Medan Merdeka Barat, Jumat, 4 November 2016.

Fahri bahkan mengatakan Jokowi tidak menghargai aspirasi warga.

"Kalau Presiden tak menghargai rakyatnya, apa yang akan kita lakukan?" seru Fahri ke para demonstran.

"Revolusi," teriak demonstran menjawab seruan Fahri.

Selain Fahri dan Adhyaksa, sejumlah tokoh yang lain juga ikut dalam orasi para pengunjuk rasa di depan Istana Negara, Jumat, 4 November 2016. Mereka misalnya Mantan Ketua MPR, Amien Rais, Imam Besar FPI Habib Rizieq, Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Mereka juga berorasi secara bergantian. Amien Rais meminta pemerintah mengusut dan melakukan penegakan hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta non aktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Usai Amien Rais, Wakil Ketua DPR Fadli Zon ikut berorasi di unjuk rasa tersebut. Setelah itu, musisi Ahmad Dhani juga ikut berorasi.

Kemudian, Anggota DPD Fahira Idris, Ratna Sarumpaet, dan Rachmawati Soekarnoputri. Semuanya menuntut hal yang sama yaitu meminta pemerintah melakukan pemeriksaan dan mengusut dugaan penistaan agama oleh Ahok.

Sampai berita ini diturunkan, terlihat Amien Rais masuk ke stana untuk menemui perwakilan dari Jokowi.

Laporan: Eduward Ambarita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya