Said Aqil: Kalau NU Ikut Demo, Jakarta Enggak Muat

Ketua Umum Nahdlatul Ulama, Said Aqil Siroj, di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan di Jakarta pada Jumat, 14 Oktober 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

VIVA.co.id – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH.Said Aqil Siraj, mengatakan warga Nahdliyin belum sepenuhnya turun untuk ikut aksi pada Jumat 4 November 2016 lalu.

Ada Demo, Arus Lalu Lintas Menuju Depan DPR Dialihkan Hingga Pukul 18.00 WIB

Pihaknya sudah mencoba mensetop. Namun tidak terbendung. Hanya saja, memang PBNU meminta agar atribut organisasi tidak disertakan dalam aksi damai tersebut.

"Warga NU ikut demo, nggak muat Jakarta. Segitu itu sudah kita rem-rem itu. Ya kita akui ada warga NU yang ikut asalkan tidak membawa atribut NU," jelas KH.Said Aqil, usai menerima kunjungan Presiden Joko Widodo, di kantornya, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Senin 7 November 2016.

Belum Ada Pengalihan Arus Buntut Demo Mahasiswa- Pelajar di DPR, Polisi sebut Situasional

KH Said Aqil sendiri, memuji aksi yang berlangsung damai itu. Namun mengenai terjadinya kerusuhan pada malamnya, Said mengatakan itu telah mencoreng aksi damai yang dilakukan sejak siang.

"Adapaun kerusuhan setelah jam 6 (18.00 WIB) itu, itu jelas sekali mencoreng mengotori nilai-nilai demonstrasi damai yang dilakukan umat Islam setelah sholat Jumat," kata Said Aqil.

Kantor KPU RI Dijaga Ketat Brimob, Ada Apa?

Ia meminta agar warga Nahdliyin tetap tenang, tidak melakukan tindakan anarkis. Menurutnya, tantangan ke depannya sangat besar untuk dihadapi daripada menghabiskan energi mengenai masalah dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Tantangan ekonomi, tantangan budaya, radikalisme, terorisme, aduh jauh lebih besar daripada ngurusin yang satu orang inilah (Ahok)," tegasnya.

Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI

Polisi Prediksi Ribuan Orang Bakal Demo di KPU Jelang Pengumuman Hasil Pemilu 2024

Polisi telah menyiagakan ribuan personel guna mengamankan pengumuman hasil Pemilu 2024 yang akan dibacakan KPU RI pada hari ini.

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024