Jalur Kereta Api Yogya-Magelang-Ambarawa Akan Dihidupkan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Rencana pembangunan bandara baru di Kulonprogo Yogyakarta sebagai pengganti Bandara Adisutjipto Yogyakarta, mendorong pemerintah untuk merevitalisasi lagi lajur kereta lama yang pernah beroperasi dari Yogyakarta menuju Magelang, Jawa Tengah.

Bakal Jadi yang Terpanjang di RI, Kemenhub Bangun Rel Layang Solo

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kunjungan singkat di Yogyakarta, melakukan peninjauan rel tua di kawasan Sitisewu, yang merupakan awal jalur rel yang menuju arah utara menghubungkan Magelang hingga Ambarawa.

"Peninjuan ini untuk menghidupkan kembali jalur kereta api yang sebelumnya menghubungkan Yogya-Magelang-Ambarawa," katanya di Yogyakarta, Senin 7 November 2016.

Viral Video Kemarahan Bu Dewi dari Magelang

Tahap awal untuk merealisasi jalur kereta tersebut, dengan memetakan rel kereta api lama yang memang berada di jalur milik PT KAI. "Kita ingin melihat faktanya di lapangan seperti api,"ujarnya.

Dihidupkannya kembali jalur kereta api Yogya-Magelang-Ambarawa, salah satunya mendukung dunia pariwisata, di mana di Magelang terdapat candi Borobudur sehingga tercipta transportasi integrasi parisiwata.

Jalur Pondok Ranji-Kebayoran Tergenang Air, Operasional KRL Terganggu

"Nantinya, Borobudur pengunjungnya akan bertambah banyak, akan laku karena tujuan wisata," jelasnya.

Kemenhub, kata Budi, juga akan mengintegrasikan transportasi pendukung bandara baru di Temon Kulonprogo menuju peta tujuan wisata di DIY dan Jawa Tengah. (asp)

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama National Pooling

BRI Jalin Sinergi dengan KAI dan dalam Fasilitas Notional Pooling

BRI terus memperluas dan mengembangkan layanan perbankan melalui sinergi dengan BUMN menggandeng KAI beserta anak usahanya kerja sama fasilitas National Pooling.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2022