Puan: Uji Coba Bansos Nontunai Digelar di 44 Kota

Menteri PMK Puan Maharani Saat Rapat Kordinasi Penanganan Asap
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan bahwa uji coba penyaluran bantuan sosial secara non tunai akan digelar di 44 kota pada Januari 2017 mendatang.

KPK Diminta Segera Ungkap Dugaan Korupsi Dana Bansos Jabar

"Jadi sekarang bagainana mengedukasi masyarakat, karena ada peralihan bansos tunai dan non tunai. Semua hal akan dilakukan uji coba secara terbatas di 44 kota mulai Januari tahun 2017," kata Puan di kantor Kemenko PMK, jalan Merdeka Barat 3, Jakarta Pusat, Selasa, 8 November 2016.

Usai itu, akan dilakukan monitoring dan evaluasi, apakah pelaksanaan penyaluran bansos secara non tunai. "Ujicoba pada Januari 2017 itu bisa lihat mana yang kurang, mana yang perlu perbaikan," kata dia.

Menko Puan Ingin Venue Asian Games 2018 Ada Fungsi Tambahan

Puan berujar, nantinya, data Badan Pusat Statistik (BPS) akan digunakan sebagai dasar menentukan penerima dana bansos, disandingkan dengan data-data lainnya.

"Basis data terbaru yang sudah dilakukan BPS tahun 2015 akan disinkronisasikan dengan data dari Kemendagri dan data tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan (TNP2K), yang akan dikoordinasikan oleh Kementerian Sosial," ujar dia.

Menko PMK Targetkan Venue Equestrian Selesai Akhir 2017

Puan menambahkan, nantinya data yang ada akan divalidasi sehingga akurat, apakah memang benar bahwa penerima tersebut layak mendapatkan bansos atau tidak.

"Penerimanya tetap hanya divalidasi apakah emang penerima-penerima ini ke depan akurat atau sudah berganti karena misalnya sudah meninggal atau sudah tidak perlu karena sudah tidak miskin lagi. Jumlah tetap hanya data yang diverifikasi," kata dia.

Wishnutama terus mengkaji dan memetakan permasalahan sebagai dampak dari pandemi COVID-19

Wishnutama Kucurkan Dana Hibah Rp3,3 Triliun untuk Pariwisata

Dana itu diberikan untuk 10 destinasi prioritas dan 5 super prioritas.

img_title
VIVA.co.id
21 Oktober 2020