Konsolidasi Militer Jokowi Berlanjut ke Kostrad dan Paskhas

Presiden Jokowi saat dinobatkan sebagai warga kehormatan TNI.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo kembali dijadwalkan akan mendatangi satuan-satuan elit militer di Tanah Air. Setelah sebelumnya, mendatangi Mabes TNI Angkatan Darat, Kopassus, Marinir dan Brimob pada pekan kemarin.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Hal itu dikatakan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Pekan ini, konsolidasi itu tetap dilakukan Presiden Jokowi.

"Presiden juga menjadwalkan untuk bertemu langsung dengan prajurit yang bertugas, misalnya di Paskhas, Kostrad," kata Pramono, di kantornya, Jakarta, Senin 14 November 2016.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Pertemuan dengan alim ulama, menurut Pramono tetap akan dilakukan seperti sepekan belakangan ini. Namun, kapan waktunya, Pramono belum memberi tahu.

Pramono membantah bahwa konsolidasi militer yang dilakukan oleh Jokowi itu dikaitkan dengan aksi damai ratusan ribu umat muslim pada 4 November 2016 (411) lalu.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

"Presiden tentunya akan terus menerus melakukan ini, karena memang sebenarnya bukan karena peristiwa 4 November kemarin," elak Pramono.

Seperti diketahui, pasca aksi 411, Presiden Jokowi rajin roadshow ke beberapa tempat, dan mengundang sejumlah tokoh agama ke Istana.

Pada Senin 7 November, Presiden secara mendadak mengumpulkan prajurit TNI di Markas Besar TNI Angkatan Darat. Sore hari, ia mengunjungi kantor PBNU.

Keesokan harinya, Selasa 8 November 2016, Presiden mengumpulkan sejumlah pejabat tinggi Polri. Tercatat, seluruh Kapolda hadir, beserta para komandan yang mengawal aksi 411. Setelah itu, Presiden ke kantor PP Muhammadiyah.

Pada Kamis 10 November, Presiden mendatangi Markas Komando Pasukan Khusus atau Kopassus TNI. Keesokan pada Jumat 11 November, Presiden mengumpulkan ribuan anggota Brimob di Mako Brimob Kelapa Dua Depok.

Dari Brimob, Presiden kemudian bergeser ke Markas Korps Marinir TNI Angkatan Laut, di Cilandak Jakarta Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya