Belanda Kembalikan Ribuan Artefak Indonesia

PM Belanda Mark Rutte kembalikan keris pada Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Pemerintah Belanda mengembalikan benda pusaka asli Indonesia yang sudah tersimpan cukup lama di negeri tersebut pada Presiden Joko Widodo.

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Pengembalian ini dilakukan saat kedua pimpinan negara itu, Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, memberikan pernyataan bersama di Istana Merdeka.

PM Rutte, secara simbolik menyerahkan keris, sebagai artefak milik Indonesia saat konferensi pers tengah berlangsung. Rutte mengatakan, kehadirannya ke Indonesia selain masalah hubungan bilateral, juga ingin mengembalikan benda pusaka.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

"Itu berasal dari koleksi besar artefak Indonesia di Delft, koleksi Nusantara," kata PM Rutte, sembari memberi keris itu ke Presiden yang berdiri di sampingnya, dalam keterangan pers bersama, Jakarta, Rabu, 23 November 2016.

Menurut Rutte, keris itu akan menjadi pelopor pengembalian ribuan artefak asli Indonesia. "1.500 artefak akan kembali ke Indonesia dan keris ini adalah simbol pertama."

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Setelah menerima keris sebagai simbol itu, Jokowi juga memberikan cenderamata. PM Rutte menerima langsung dan mengapresiasi hadiah ini.

Presiden Jokowi di HUT Golkar ke-58

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Kabar Presiden Jokowi bergabung ke Golkar, kembali mencuat. Setelah elit PDIP menyebut, Jokowi bukan lagi bagian dari partai itu setelah beda pilihan selama Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024