Puan Maharani: 127 Juta Orang Indonesia Tak Miliki Sanitasi

Ilustrasi/Sanitasi tak layak yang banyak ditemukan di pemukiman kumuh
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menyebutkan, sebanyak 127 juta penduduk Indonesia belum miliki sanitasi yang layak. Karena itu, dibutuhkan kerja sama semua pihak untuk membantu menyelesaikan masalah itu.

Partai Aceh Usung Mantan Panglima GAM Jadi Calon Gubernur di Pilkada 2024

"Harus dilakukan secara bergotong royong," kata Puan usai membuka acara City Sanitation Summit XVI di Banda Aceh, Kamis, 24 November 2016.

Menurut Puan, sejauh ini sudah ada komitmen dari Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi untuk memperbaiki seluruh sanitasi di daerahnya. Namun hal itu harus juga diiringi dengan perbaikan cara berpikir masyarakat soal sanitasi.

Nasib 11 Pedagang Miras di Aceh yang Nekat Berjualan saat Ramadhan, Ini Ancaman Hukumannya

"Ini penting, jangan sampai infrastruktur sarana dan prasarana sudah ada, tapi pikiran masyarakat tidak berubah. Harus ada sosialisasi semua pihak," katanya.

Sejauh ini, Puan mengaku pemerintah masih melakukan pemetaan daerah mana saja yang menjadi prioritas. Ia menargetkan masalah ini akan bisa terselesaikan pada tahun 2019.

Biadab! Pasutri di Banda Aceh Tega Paksa 2 Anaknya Mengemis, Hasilnya untuk Beli Sabu

(mus)

Pengungsi Rohingya di Gedung Balee Meuseuraya Aceh. VIVA/Dani Randi

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

Kemenkumham Aceh menegaskan penanganan pengungsi etnis Rohingya di sejumlah tempat di provinsi Aceh tersebut harus tetap memperhatikan kepentingan nasional.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024