Kapolri: Aksi Bela Islam III 2 Desember Digelar di Monas

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat

VIVA.co.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengemukakan, aksi Bela Islam III akan digelar di Silang Monas, Jakarta Pusat, pada 2 Desember 2016. Hal itu diungkapkan Tito setelah bertemu dengan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPFMUI), di kantor MUI, Jakarta, Senin, 28 November 2016.

Harga Kedelai Naik, Perajin Tahu-Tempe Semanan Mogok 3 Hari

Kegiatan dilakukan dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Aksi akan dilakukan dalam bentuk kegiatan keagamaan seperti zikir, tauziah, dan salat Jumat bersama. "Ini (kegiatan di Monas) tidak melanggar hukum karena tidak mengganggu ketertiban," ujarnya. 

Menurut Tito, awalnya para peserta aksi akan melakukan kegiatan zikir, tauziah dan salat Jumat di Jalan Thamrin-Sudirman, Jakarta. Namun, kepolisian  menyampaikan sejumlah argumen berdasarkan aturan hukum jika salat dilakukan di jalan.  Aturan itu berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 9 tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

Buruh Tangerang Blokade Jalan Raya Serang, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Pada Pasal 6 undang-undang tersebut menyebutkan unjuk rasa tidak boleh mengganggu ketertiban umum dan hak orang lain. Kemudian, pada Pasal 15 undang-undang itu disebutkan bahwa jika pasal  6 dilanggar maka kegiatan unjuk rasa dapat dibubarkan.

Kegiatan salat di jalan, kata Tito, selain mengganggu ketertiban umum juga bisa menimbulkan preseden buruk untuk unjuk rasa berikutnya dengan modus yang sama dari elemen tertentu. "Bayangkan jika setiap kegiatan keagamaan dilakukan di jalan," ujarnya.

Ribuan Buruh Demo Tolak UMK 2022, Akses Menuju Tol Cikupa Dialihkan

(ren)
 

Protes antiperang terjadi di Moskow Rusia usai Ukraina diinvasi

Ratusan Pengunjuk Rasa Anti-Perang Ditangkap di Seluruh Rusia

Lebih dari 750 orang telah ditangkap di kota-kota di seluruh Rusia, karena memprotes invasi Moskow ke Ukraina, yang sekarang memasuki minggu ketiga.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022