Persiapan Polri, Menhub dan Mendag Hadapi Libur Akhir Tahun

Kapolri bersama Menhub dan Mendag
Sumber :
  • VIVA.co.id / Syaefullah

VIVA.co.id – Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian, bersama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan video conference dengan jajaran Kapolda seluruh Indonesia di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan, 29 November 2016.

Momen Ganjar Tengok Perayaan Natal di Asrama Mahasiswa Papua

Video conference itu terkait kesiapan pengamanan menjelang perayaan Natal dan tahun baru serta kesiapan cadangan bahan pokok di seluruh Indonesia.

"Persiapan libur Natal dan tahun baru nanti akan ada mobilisasi perpindahan masyarakat berlibur, sekaligus adanya peningkatan konsumsi pangan, kan banyak pesta," kata Tito Karnavian di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 29 November 2016.

Pesan Natal Paus Fransiskus: Dialog untuk Sembuhkan Dunia

Tito menjelaskan, kesiapan pengamanan akan dilakukan, baik di jalur tol Cikampek-Palimanan dan di jalur Brebes Timur. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kemacetan dan penumpukan kendaraan di jalur tersebut.

"Prinsip kami dan jajaran kewilayahan setelah rapat koordinasi pusat, rapat juga di semua provinsi," ujarnya.

Begini Cara Wali Kota Malang Deteksi Kerumunan Agar Tak Kena Covid

Menteri Perhubungan Budi Karya mengaku melakukan pengecekan dan kesiapan moda transportasi pada saat perayaan Natal dan tahun baru. Serta, kesiapan di Pelabuhan Merak, Banten.

"Kami akan melakukan pengecekan terhadap pesawat, kereta api, kapal laut. Kami mengimbau semua wilayah lakukan itu," kata Budi Karya.

Sedangkan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan ketersediaan bahan pokok makanan selama perayaan Natal dan tahun baru tercukupi untuk kebutuhan masyarakat di seluruh Tanah Air.

"Video conference bersama seluruh jajaran Kapolda kami titipkan berbagai hal, bahwa stok ketersediaan bahan pokok pangan beras cukup sampai 6 bulan (ke depan)," kata Enggartiasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya