KPK Juga Tangkap Oknum TNI pada OTT Suap Pajak

Pelaksana Harian Biro Hubungan Masyarakat KPK, Yuyuk Andriati Iskak
Sumber :
  • VIVA.co.id/Januar Adi Sagita

VIVA.co.id – Seorang oknum TNI dikabarkan ikut dibawa Komisi Pemberantasan Korupsi, saat menangkap tangan Presiden Direktur PT E.K Prima Ekspor Indonesia, Rajesh Rajmohanan Nair, dan Kepala Subdit Bukti Permulaan Direktorat Penegakan Hukum Direktorat Jenderal Pajak, Handang Soekarno, beberapa hari lalu. 

Kronologi Kasus Penggelapan Pajak yang Membelit Jubir AMIN Indra Charismiadji

Namun, oknum tersebut dilepaskan, setelah KPK menetapkan tersangka dalam kasus dugaan suap penghapusan pajak ini.

Saat dikonfirmasi mengenai informasi itu, Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati, mengakui adanya oknum TNI yang ikut tertangkap. 

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Namun, dia belum mengetahui secara rinci kaitan dan alasan oknum itu dilepaskan. "Saya sedang tanyakan ke penyidiknya. Termasuk soal kapasitas oknum itu ikut dijaring dan lepaskan kenapa," kata Yuyuk di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 30 November 2016. 

Untuk diketahui, petugas KPK dalam operasi tangkap tangan suap pajak PT E.K Prima Ekspor Indonesia sempat menangkap sejumlah orang di empat lokasi. Yaitu di kawasan Kemayoran, Pulomas, Pamulang, dan Surabaya, Jawa Timur. 

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

KPK menduga pratik suap ini dilakukan untuk menghapus tagihan pajak PT E.K Prima Ekspor Indonesia sebesar Rp78 miliar. Dalam perkara itu, KPK juga telah menggeledah sejumlah tempat dan mengamankan barang bukti berupa uang Rp1,9 miliar.

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024