Risma Tularkan Pengelolaan Pajak ke Delegasi 32 Negara

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.
Sumber :
  • Januar Adi

VIVA.co.id – Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengajari delegasi 32 negara cara mengelola pajak, dalam kegiatan Annual Forum on Developing Countries Policy and Tax Cooperation for Agenda 2030 di Hotel JW Marriot, Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 30 November 2016.

Cak Imin ke Kader PKB: Saatnya PDIP Kita Kalahkan di Surabaya

Risma mengatakan, pajak harus dibuat mengikuti kondisi perekonomian, sehingga besarannya tak harus naik setiap tahun. Sebab, hal itu bergantung pada kemampuan masyarakat dalam membayarnya, serta faktor ekonomi.

“Misalnya untuk pajak bumi dan bangunan atau PBB, kami tidak menaikkannya saat ekonomi sedang melambat. Barulah saat ekonomi sedang bagus, kami juga menaikkannya,” kata Risma.

Cara Bayar Pajak Motor Online, Mudah dan Tanpa Antre

Risma melanjutkan, dengan menerapkan kebijakan semacam itu, dia juga tak khawatir target pendapatan tidak tercapai. Alasannya, hal itu tergantung pada sistem pengelolaan keuangan oleh pemerintah. 

“Itu tergantung bagaimana intensifikasi serta bagaimana mengatur uang, sehingga uang itu bisa maksimal penggunaannya,” ujar Risma. 

Pejabat Pemkot Surabaya Ikut Kunjungan Mensos Risma di Ponorogo

Dengan cara itu, penarikan pajak tidak akan terlalu membebani masyarakat, khususnya di perkotaan. “Itu sudah terbukti di Surabaya, dan kami mampu menjalankannya,” kata Risma. 

Peserta forum ini adalah delegasi dari sejumlah negara Amerika Latin, Afrika, serta Asia. 

POTRADNAS IX 2023

Kota Surabaya Juara Umum POTRADNAS IX 2023

POTRADNAS IX 2023 di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, berlangsung sukses. Ini tidak cuma soal penyelenggaraan, namun jumlah remaja dari berbagai daerah yang terlibat.

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2023