Jokowi Minta Polisi dan Jaksa Bersinergi dengan KPK

Presiden Joko Widodo saat buka KNPK 2016
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Presiden Joko Wiodo menegaskan kembali komitmen pemerintah untuk mendukung penguatan Komisi Pemberantasan Korupsi, demi mencegah dan memberantas korupsi di Indonesia. Hal itu diutarakan Presiden ketika membuka Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Peluncuran Program Jaga, di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Kamis, 1 Desember 2016.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

"Terkait penegakan hukum tindak pidana korupsi, saya dukung penuh penguatan KPK, baik kelembagaan maupun kemandirian," tegas Jokowi.

Demi pemberantasan korupsi, Jokowi juga menginstruksikan kepolisian dan kejaksaan agar ikut berbenah, mereformasi internal lembaga mereka.

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

"Itu agar menghasilkan penegak hukum yang profesional," ujar Jokowi.

Menurut Presiden, perbaikan di kepolisian dan kejaksaan diperlukan untuk membuat pemberantasan korupsi berjalan efektif, dan tidak sendiri-sendiri. Sehingga tujuan itu akan lebih cepat tercapai jika ketiga lembaga penegak hukum itu saling memperkuat sinergi.

Jokowi Akui 90 Persen Bahan Produksi Farmasi Masih Impor

"Perlu budayakan sikap jujur, berintegritas, tidak permisif pada pungli, suap maupun korupsi lainnya. Transparansi penanganan perkara kasus tipikor juga harus ditingkatkan," harap Presiden.

(ren)

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka, menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu malam, 24 April.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024