Jaksa di Kejati Jawa Barat Ditangkap Terkait Pemerasan

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Setia Untung Arimuladi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Suparman

VIVA.co.id – Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Setia Untung Arimuladi, membantah adanya Operasi Tangkap Tangan terhadap seorang jaksa di bawah jajarannya, oleh Tim Sapu Bersih Pungutan Liar.

Viral Pungli di Trotoar Depan Gedung DPR, Heru Budi: Sudah Ditertibkan

Hal ini menanggapi beredarnya informasi mengenai adanya operasi Tim Saber Pungli, yang berhasil menangkap tangan seorang Jaksa di jalan RE Martadinata, Bandung, sekitar pukul 14.30 WIB.

Menurut Untung, yang terjadi adalah pihaknya yang tengah memeriksa Jaksa berinisial AP, karena diduga memeras masyarakat.

Dewas Jatuhi Sanksi Berat untuk Tiga 'Bos' Pungli Rutan KPK, Sekaligus Minta Maaf Secara Terbuka

"Kejati tadi menerima informasi melalui hotline bahwa ada dugaan oknum Jaksa yang menakuti seseorang dengan meminta uang," tegas Untung di Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Kamis, 1 Desember 2016.

Untung mengatakan, laporan dugaan penyalahgunaan wewenang itu diterima sekitar pukul 11.30 WIB. Kemudian, petugas Kejaksaan Tinggi Jawa Barat mengintai jaksa yang dimaksud, saat berada di sebuah kafe.

KPK Periksa 19 Napi Korupsi soal Kasus Pungli Rutan, Usut Penggunaan Ponsel untuk Pesan Makan

Sekitar pukul 14.30 WIB, Jaksa tersebut memasuki gedung Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dan langsung diamankan untuk menjalani pemeriksaan. 

"Saya perintahkan Asisten Pengawasan dan Aspidsus Intel untuk cek kebenaran, berdasarkan PP 53/2010 tentang Disiplin PNS, sekarang tengah menjalani klarifikasi," tegasnya.

Gedung KPK (Foto Ilustrasi)

Ada Kabar Jaksa Peras Saksi hingga Rp3 Miliar, KPK Bilang Begini

Informasinya, kabar pemerasan itu sudah diadukan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024