Akses ke Rumah Jokowi Tak Ditutup saat Aksi 212

Ilustrasi/Prajurit TNI.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

VIVA.co.id - Demonstrasi bertajuk Aksi Bela Islam III digelar juga di Solo, Jawa Tengah, pada Jumat, 2 Desember. Kegiatan itu serupa yang digelar di Lapangan Monas, Jakarta, yaitu aksi menggelar sajadah, doa bersama, dan diakhiri salat Jumat berjamaah.

Catat 18 Kantong Parkir saat Munajat 212 di Monas

Aksi Bela Islam III di Solo dipusatkan di Masjid Agung dan Bundaran Gladag. Kepolisian Resor Kota (Polresta) Solo mengerahkan 1.700 personel untuk mengamankan aksi, termasuk menjaga kediaman pribadi Presiden Joko Widodo di kawasan Sumber, Solo.

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, tak ada pengamanan ekstra di kediaman Presiden. Akses utama menuju rumah Jokowi tidak ditutup. Hanya terlihat beberapa personel Kepolisian berjaga. Satu unit kendaraan taktis barracuda disiagakan di depan gedung Graha Sabha Buana.

Penampakan Ribuan Warga di Munajat Kubro 212 yang Digelar dari Jam 3 Pagi di Monas

Komandan Komando Resor Militer 074/Warastratama, Kolonel Infanteri Maruli Simanjuntak, menjelaskan bahwa pengamanan di kediaman Presiden sesuai prosedur. Ia enggan menyebut jumlah personel yang disiagakan.

"Solo aman. Pengamanan sesuai prosedur yang ada. Karena standar prosedur dari kita itu sudah bisa mengantisipasi bahaya tingkat tinggi," kata Maruli.

5.734 Aparat Kawal Munajat Kubro 212 Besok, Rekayasa Lalin Diterapkan

Kepala Polresta Solo, Komisaris Besar Polisi Ahmad Luthfi, memastikan kegiatan Aksi Bela Islam di kota itu aman dan tertib serta diikuti ribuan orang.

Pengamanan di kawasan rumah pribadi Jokowi berbeda dibandingkan saat aksi serupa pada 4 November 216. Saat itu akses utama menuju rumah Jokowi ditutup. Pengamanan ekstra di area VIP saat itu diterapkan, karena massa melakukan aksi di Masjid Mujahidin, yang berjarak 500 meter dari rumah Jokowi.

Aksi bela Palestina di depan Kedubes AS.

Ribuan Aparat Keamanan Jaga Aksi PA 212 dan Ormas Lain Depan Kedubes AS

Polri, terjunkan ribuan personel gabungan dalam pengamanan Aksi Gabungan Tripilar, yang terdiri beberapa ormas seperti, Front Persatuan Islam, Aqsa Working Group, PA 212.

img_title
VIVA.co.id
13 Januari 2024