Pencarian Korban dan Pesawat Polri di Laut Riau Dihentikan

Tim pencari jatuhnya pesawat Polri di Kepulauan Riau mengangkat jenazah yang ditemukan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M N Kanwa

VIVA.co.id – Operasi pencarian korban dan serpihan pesawat Polri M28 Skytruck, yang terjatuh di perairan Senayang, Kabupaten Lingga, resmi ditutup, terhitung Senin kemarin, 12 Desember 2016.

Anak Jenderal A Yani Gugat Keppres, 2 Jemaah Haji Masih Gaib 

Tercatat, dalam 10 hari pencarian berhasil ditemukan sembilan kantong jenazah berisi anggota tubuh korban. Dari itu, enam di antaranya berhasil diidentifikasi. Sedangkan serpihan pesawat, ditemukan sebagian serpihan mesin, badan, dan sayap.

Kapolda Kepulauan Riau Brigjen Sam Budigusdian mengatakan, dihentikannya pencarian korban maupun pesawat, karena Badan SAR Nasional tidak lagi bertugas. Namun, untuk pencarian lanjutan akan dilanjutkan oleh internal kepolisian.

Intip Pagu Anggaran Pesawat Boeing Polri yang Dibeli Bekas dari Ceko

"Masih ada 320 anggota di TKP (tempat kejadian perkara), walau terkendala cuaca dan tingginya ombak," ujar Sam di rumah sakit Bhayangkara Polda Kepri, Selasa 13 Desember 2016.

Sejauh ini, untuk keenam korban anggota Polri yang sudah teridentifikasi,yakni Bripda Eri Dwi Perdana, Brigadir Suwarno, AKP Safran, AKP Abdul Munir dan Bripka Erwin, dan Brigadir Joko Sungatno.

Polda Kepri Dinilai Tutup Mata soal Praktik Judi di Batam

Metode identifikasi ini menggunakan pencocokan dengan mengambil sampel dari tes DNA korban dengan keluarganya. Sam menuturkan, seluruh jenazah korban akan dipulangkan, setelah seluruh proses evakuasi pencarian berakhir pada Senin kemarin.

"Karena ini, merupakan body part, bukan bagian utuh korban. Jadi, untuk pengiriman menunggu ditutup masa pencarian dan menunggu semua hasil tim DVI baru akan dipulangkan," ujarnya.

Kecelakaan yang dialami pesawat Polri M-28 Skytruck terjadi pada Sabtu lalu, 3 Desember 2016. Pesawwat berbadan kecil ini mengangkut 13 penumpang dengan tujuan Batam.

Namun, nahas, pesawat ini terjatuh di laut dan diperkirakan meledak di dalam laut. Diduga tidak ada korban yang selamat dari kejadian itu. Sejauh ini, hanya ada enam penumpang yang teridentifikasi, sementara sisanya masih dalam pencarian.

Daftar penumpang dan kru pesawat Polri M-28 Skytruck:
 

Pilot
1. AKP Budi Waluyo
2. AKP Eka Barokah
3. AKP Tonce
Mekanik
4. Brigadir Joko Sujarwo
5. Brigadir Mustofa
Penumpang
6. AKP Abdul Munir
7. AKP Safran
8. Bripka Erwin
9. Briptu Andi Z
10. Bripda Rizal
11. Bripda Eri
12. Brigadir Suwarno
13. Brigadir Joko Sungatno.

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya