KPK Kembali Periksa Wakil Ketua Komisi V Yudi Widiana

Wakil Ketua Komisi V Yudi Widiana Adia
Sumber :

VIVA.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Wakil Ketua Komisi V DPR, Yudi Widiana Adia, Senin, 19 Desember 2016. Politikus PKS itu sedianya akan diperiksa terkait kasus dugaan suap program aspirasi untuk proyek jalan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Bupati Halmahera Timur Segera Diadili

"Yudi Widiana Adia akan diperiksa untuk tersangka SKS (Komisaris PT Cahaya Mas Perkasa, So Kok Seng alias Aseng)," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di kantor KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Selain itu, penyidik KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap anggota Komisi V, Musa Zainuddin. Legislator dari Fraksi PKB itu juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Aseng.

KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

"Musa juga akan diperiksa sebagai saksi," kata Febri.

Dijelaskan Febri, kasus ini adalah pengembangan dari kasus yang telah menjerat tiga anggota Komisi V DPR RI, Damayanti Wisnu Putranti, Andi Taufan Tiro dan Budi Supriyanto. Selain itu juga yang menjerat Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional IX Maluku dan Maluku Utara, Amran HI Mustary, Direktur PT Windhu Tunggal Utama Abdul Khoir, serta dua orang staf Damayanti, Dessy A Edwin dan Julia Prasetyarini.

Kasus Suap, Politikus PKS Dituntut Hukuman 10 Tahun Bui

Dalam perkara Aseng ini, penyidik KPK telah melakukan penggeledahan di rumah Wakil Ketua Komisi V DPR, Yudi Widiana di Jakarta dan Cimahi pada Selasa, 6 Desember 2016 lalu.

"Tentu saja penggeledahan ini dilakukan di tempat yang menurut dugaan penyidik itu ada bukti-bukti yang akan memperkuat dugaan penanganan terhadap tersangka tindak pidana korupsi ini," kata Febri.

Majelis hakim di Pengadilan Tipikor. (Foto ilustrasi).

Korupsi Proyek Jalan di Papua, Komisaris Bentuni Divonis 7 Tahun Bui

Ia diminta membayar uang pengganti sekitar Rp39,5 miliar. 

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2020