Larangan Perayaan Tahun Baru di Puncak Gunung Merapi

Wisata Gunung Merapi
Sumber :
  • ANTARA/ Teresia May

VIVA.co.id – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta tidak melarang masyarakat atau pecinta alam untuk merayakan pergantian tahun di Gunung Merapi, namun tidak boleh di puncaknya. Mereka mengimbau perayaan hanya dilakukan di sekitar Pasar Bubar atau sekitar 2 km dari puncak.

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

Kepala BPPTKG Yogyakarta, I Gusti Made Agung Nandaka mengatakan, kondisi morfologi puncak yang tidak aman untuk beraktivitas dan ancaman bahaya letusan freatik masih mungkin terjadi. Ditambah lagi risiko kecelakaan semakin besar dengan kepadatan jumlah pendaki yang tinggi. "Kita rekomendasikan hanya sampai pasar bubar," katanya, Senin, 26 Desember 2016.

Agung menjelaskan, berdasarkan data pemantauan baik instrumental maupun visual, aktvitas Merapi saat ini dalam tingkat normal.

Erupsi Gunung Merapi, Wilayah Boyolali Diguyur Hujan Abu

"Tidak ada indikasi akan adanya peningkatan aktivitas yang dapat mengancam keselamatan aktivitas manusia di luar radius 2 km dari puncak," ujarnya lagi.

Para pendaki disarankan mengikuti informasi perkembangan cuaca di sekitar Merapi mengingat beberapa hari terakhir sering terjadi badai dengan kecepatan angin mencapai 62 km/jam yang tidak kondusif untuk pendakian. 

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas, Pesan Mbah Maridjan Langsung Viral

Para pendaki juga diminta tidak melakukan aktivitas apapun di sekitar stasiun pemantauan dalam radius 30 m, karena dapat mengganggu kerja sensor pemantauan dalam mendeteksi aktivitas vulkanik Merapi.

"Terakhir diharapkan para pendaki tidak melakukan vandalisme atau perusakan, dan gangguan di sekitar stasiun, karena bisa mengganggu pemantauan," katanya.

Jenazah korban penembakan KKB di evakuasi

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas di Serang KKB Sepanjang 2024 tengah di sorot oleh para pembaca sehingga berhasil berada di posisi terpop

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024